Demo 9 Tahun Jokowi, Mahasiswa Tutup Jalan Trans Sulawesi hingga Malam By CNN Indonesia

Demo 9 Tahun Jokowi, Mahasiswa Tutup Jalan Trans Sulawesi hingga Malam

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Sejumlah mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar demo 9 tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga menutup jalan. (Foto: CNN Indonesia/Ilham)
Makassar, CNN Indonesia --

Sejumlah mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar demo 9 tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka menutup jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Imbas demo tersebut lalu lintas mengalami macet parah.

Mahasiswa memblokade Jalan Sultan Alauddin dengan menahan mobil truk yang melintas di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Mereka juga membakar ban bekas.

"Kita evaluasi 9 tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Kami menuntut tegakkan hukum HAM, berantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan tegakkan supremasi hukum di Indonesia," kata koordinator aksi, Abdi Gunawan, Senin (30/10).

Aksi unjuk rasa yang berlangsung sejak siang tadi telah mengakibatkan kemacetan panjang Jalan Sultan Alauddin. Menjelang pukul 18.00 WITA, mahasiswa masih memblokade jalan dengan menahan mobil truk yang digunakan sebagai mimbar orasi.

Sejumlah pengendara yang merasa jengkel dengan aksi memblokade jalan tersebut berteriak dan memaki mahasiswa untuk segera membukakan jalan.

"Kami mau pulang, bukan jalannya. Ini jalan bukan punya nenek moyang kalian," kata salah satu pengendara sepeda motor.

Massa sempat mengejar pengendara sepeda motor tersebut. Aksi mahasiswa tersebut juga mendapatkan pengawalan dari sejumlah polisi yang bersiaga di pinggir jalan.

(mir/fra)

Baca Juga

Komentar