Dilantik Jokowi, Duta Besar RI untuk Argentina Bakal Tingkatkan Ekspor lBy BeritaSatu

Dilantik Jokowi, Duta Besar RI untuk Argentina Bakal Tingkatkan Ekspor

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 1, 2023
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay, Sulaiman di Istana Negara Jakarta pada Rabu 25 Oktober 2023.
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay, Sulaiman di Istana Negara Jakarta pada Rabu 25 Oktober 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay, Sulaiman, resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Rabu (25/10/2023). Sulaiman berjanji akan meningkatkan ekspor Indonesia ke Argentina, Paraguay, dan Uruguay.

"Di bidang ekonomi, investasi, perdagangan tentu kita akan lebih meningkatkan ekspor sehingga trade defisit bisa lebih berkurang, kita juga coba menjajaki lebih banyak investasi dari ketiga negara," ujar Sulaiman kepada wartawan.

Dia mengatakan pada 2022 defisit neraca perdagangan Indonesia dengan Uruguay sekitar US$ 1,8 miliar. "Jadi kalau kita lihat data 2022, memang defisit neraca perdagangan kita itu US$ 1,8 miliar, kita banyak tergantung pakan ternak dari sana, kedelai. Mungkin ini yang nanti akan kita coba upayakan supaya ekspor kita naik dan defisit kita berkurang," jelasnya.

Selain itu, Sulaiman mengatakan pihaknya akan meningkatkan kerja sama dalam bidang olahraga dan melanjutkan program yang telah dirintis duta besar sebelumnya.

"Di bidang perlindungan warga negara, di Uruguay ada kurang lebih 1.000-1.500 pelaut kita yang setiap tahunnya berlabuh di sana, jadi kita tentu mengutamakan perlindungan terhadap anak buah kapal," papar Sulaiman.

Sebagai diplomat karier di Kementerian Luar Negeri, Sulaiman menyampaikan akan bertugas pada akhir Oktober 2023. "Insyallah sesegara mungkin, mudah-mudahan akhir bulan ini. Bapak Presiden menanyakan kepada kami, Insyaallah akhir bulan ini kami akan menuju pos," pungkas Sulaiman.

Baca Juga

Komentar