Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Dominasi Alumni UGM di Pentas Pilpres 2024, Siapa Saja? - CNBC Indonesia

 

Dominasi Alumni UGM di Pentas Pilpres 2024, Siapa Saja?

By Tim Riset
cnbcindonesia.com
October 22, 2023

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berasal dari satu almamater yang sama, yakni Universitas Gajah Mada (UGM). Siapa saja nama-nama yang dimaksud?

Sebelumnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) menjadi pasangan yang pertama mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU sebagai calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) 2024 pada Kamis (19/10/2023).

Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar sebagai capres dan cawapres Pilpres 2024 dengan menyerahkan sejumlah berkas ke KPU, Kamis (19/10) siang sekitar pukul 13.10 WIB.

Sementara, bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto, baru saja mendeklarasikan dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bacapres dan bacawapres Pilpres 2024 pada Minggu (22/20/2023) malam.

Berikut deretan capres dan cawapres yang merupakan lulusan UGM, sebagaimana telah dirangkum oleh CNBC Indonesia.

Ganjar hingga Cak Imin

Foto: wahyu  
Ganjar-Mahfud Tes Kesehatan di RSPAD Hari Ini
Foto: wahyu Ganjar-Mahfud Tes Kesehatan di RSPAD Hari Ini

Mari kita mulai dari pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Ganjar, yang terkenal sebagai kepala daerah yang ikonik dengan rambut putih itu, merupakan lulusan UGM. Ia lulus dari Fakultas Hukum UGM dengan dosen penguji skripsi Prof. Nindyo Pramono.

Meskipun demikian, tercatat setelah hampir 15 tahun lulus dari Kampus Biru, Ganjar melanjutkan pendidikanya di Program Pascasarjana (S2) UI, dengan mengambil jurusan Ilmu Politik.

Mahfud MD juga ternyata sempat menempuh gelar strata pertama di UGM.

Mahfud MD, yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), merupakan lulusan S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan, jurusan Sastra Arab. Dirinya juga merupakan jebolan sarjana Fakultas Hukum, jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Mahfud MD juga kembali melanjutkan studi di UGM, yakni di program pascasarjana (S2) di bidang Ilmu Politik dan program doktoral (S3) dalam Ilmu Hukum Tata Negara.

Foto: Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhain Iskandar bersiap untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Selanjutnya, capres Anies Baswedan juga merupakan lulusan UGM di Fakultas Ekonomi lulusan 1995. Dia terpilih menjadi Ketua Senat universitas pada kongres 1992 dan membuat beberapa gebrakan dalam lembaga kemahasiswaan di UGM.

Anies membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif memosisikan senat sebagai lembaga legislatif yang disahkan oleh kongres pada 1993.

Kemudian, pendamping Anies dalam gelaran Pilpres 2024, Cak Imin, memperoleh gelar sarjana (S1) di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (Fisip) UGM pada 1991. Lalu, dia melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia (UI) bidang komunikasi pada tahun 2001.

Di tengah dominasi UGM, tercatatnya Cak Imin, bersama Ganjar sebelumnya, sebagai alumnus master (S2) di UI, menjadi semacam oase untuk Kampus Kuning tersebut.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek