Gudang Kosong di Grogol Kebakaran, 40 Anggota Damkar Berjibaku Padamkan Api By BeritaSatu

 

Gudang Kosong di Grogol Kebakaran, 40 Anggota Damkar Berjibaku Padamkan Api

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Kebakaran terjadi di gudang kosong milik PT Indofoga Kreasi yang terletak di Jalan Daan Mogot RT/RW 005/001, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Selasa, 24 Oktober 2023.
Kebakaran terjadi di gudang kosong milik PT Indofoga Kreasi yang terletak di Jalan Daan Mogot RT/RW 005/001, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Kebakaran terjadi di gudang kosong milik PT Indofoga Kreasi yang terletak di Jalan Daan Mogot RT/RW 005/001, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Selasa (24/10/2023) malam.

Sebanyak 40 anggota Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat (Jakbar) berjibaku memadamkan api.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Barat, Syarifudin, mengkonfirmasi bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 18.37 WIB.

"Kami mendapatkan laporan kebakaran pada pukul 18.37 WIB dan segera memulai operasi pemadaman pada pukul 18.44 WIB. Operasi berlangsung hingga pukul 20.35 WIB," tambahnya saat diwawancarai di Jakarta pada Selasa (24/10/2023).

Pihak berwenang menduga bahwa kebakaran ini terjadi akibat pembakaran sampah oleh warga sekitar.

"Kami menduga bahwa warga membakar sampah dan api kemudian merambat ke gudang kosong," ungkap Syarifudin.

Untuk memadamkan api, Syarifudin memobilisasi sembilan unit kendaraan pemadam dengan melibatkan 40 personel.

Total kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Sementara itu, Lurah Tanjung Duren Utara, Prayudi Hari Wibawa, memastikan bahwa tidak ada korban luka atau korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. "Tidak ada. Api juga tidak menyebar ke bangunan lain," ujar Prayudi.

Prayudi juga mengemukakan keraguan terhadap dugaan pembakaran sampah sebagai penyebab utama kebakaran ini.

"Kalau ada pembakaran sampah, api biasanya akan berada di luar gedung, bukan di dalam. Namun, yang terbakar adalah bagian dalam gedung," jelas Prayudi.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, kebakaran ini disebabkan oleh arus pendek listrik.

"Saya masih akan berkoordinasi dengan pihak pemadam kebakaran dan BPBD untuk memastikan penyebab kebakaran ini. Pihak perusahaan akan kami libatkan dalam koordinasi terkait pemadaman gedung," tambah Prayudi.

Baca Juga

Komentar