Pilihan

Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Muncul di Blok Garotan Ledug - inews

 

Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Muncul di Blok Garotan Ledug

By Avirista Midaada
jatim.inews.id
October 23, 2023
Petugas berusaha memadamkan api di Gunung Ringgit, kawasan Gunung Arjuno, Minggu
Petugas berusaha memadamkan api di Gunung Ringgit, kawasan Gunung Arjuno, Minggu

PASURUAN, iNews.id - Kawasan Gunung Arjuno di Jawa Timur kembali terbakarApi terlihat berkobar di lereng Gunung Ringgit, area yang dikelola UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Dinas Kehutanan, Jawa Timur.

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan, kebakaran di kawasan Tahura Raden Soerjo terjadi sejak Minggu (22/10/2023) sore. Api muncul dari kawasan Perhutani di Blok Garotan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Yudi belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Sebab Blok Garotan Ledug, di kawasan Perhutani bukan jalur pendakian ke Gunung Arjuno. Selain itu, titik api juga masih jauh dari Gunung Arjuno, kendati berada satu kawasan di Tahura Raden Soerjo.

"Itu jauh dari pendakian. Tapi arahnya tidak tahu. Bisa saja menuju jalur pendakian, belum dapat laporan lagi," ucapnya.

Menurut Yudi, kebakaran di kawasan Gunung Ringgit menjadi yang kedua dalam dua bulan terakhir. Sebelumnya saat kawasan Gunung Arjuno-Welirang terbakar hebat, kawasan Gunung Ringgit, sisi Prigen, Pasuruan, juga ikut hangus terbakar.

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

"Mungkin nanti (arah api) ke arah Pecalukan, kalau dia berkembang terus. Luasan area terbakar belum diketahui, kita fokus pemadaman," ucapnya.

Saat ini untuk penanganan pihaknya telah dua tim sejak Minggu petang kemarin. Tim itu melakukan pemadaman melalui darat dengan menggunakan metode manual, membuat sekat, dan memukul-mukul titik api.

Sejauh ini pendakian juga masih ditutup sejak kebakaran hebat melanda kawasan Gunung Arjuno pada Agustus lalu. Dia belum dapat memastikan kapan pendakian ke Gunung Arjuno Welirang kembali dibuka.

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek