Pilihan

Hutan di Bukit Tunggangan Trenggalek Terbakar By BeritaSatu

 

Hutan di Bukit Tunggangan Trenggalek Terbakar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Petugas memadamkan kebakaran yang menghanguskan 3 hektare kawasan hutan di Bukit Tunggangan, Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan, Minggu 22 Oktober 2023.
Petugas memadamkan kebakaran yang menghanguskan 3 hektare kawasan hutan di Bukit Tunggangan, Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan, Minggu 22 Oktober 2023.

Trenggalek, Beritasatu.com - Dampak musim kemarau berkepanjangan mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di wilayah Trenggalek, Jawa Timur. Kali ini kobaran api menghanguskan 3 hektare kawasan hutan di Bukit Tunggangan, Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan, Minggu (22/10/2023).

Besarnya angin ditambah semak belukar di bukit Tunggangan yang kering, membuat api dengan cepat menghanguskan pepohonan di kawasan bukit tersebut.

Petugas gabungan dari pemadam kebakaran, BPBD, Polri, TNI dan sejumlah warga bergotong-royong melakukan upaya pemadaman karhutla di bukit Tunggangan.

Proses pemadaman dilakukan dengan cara manual, karena mobil pemadam kebakaran tidak dapat menjangkau lokasi kejadian.

Kapolsek Durenan AKP Andi Salbi mengatakan, kebakaran ini diketahui terjadi mulai pukul 11.00 siang. Kondisi hutan yang kering mengakibatkan api dengan cepat membesar dan membakar 3 hektar kawasan hutan milik perhutani dan masyarakat.

"Setelah dilakukan upaya pemadaman selama 2 setengah jam, api berhasil dipadamkan dan tidak sampai merambat ke kawasan permukiman. Dan total hutan milik Perhutani yang terbakar mencapai 3 hektare," katanya.

Dari hasil pendataan wilayah yang terbakar sebagian besar berada di kawasan hutan milik Perhutani, sedangkan sebagian kecil masuk ke lahan masyarakat.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran susulan petugas menghimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pembakaran di sekitar kawasan hutan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek