Ilmuwan Vaksin mRNA Menang Nobel Kedokteran 2023 - detik

 

Ilmuwan Vaksin mRNA Menang Nobel Kedokteran 2023

By Rachmatunnisa
detikcom
Ilmuwan Vaksin mRNA Menang Nobel Kedokteran 2023
Ilmuwan Vaksin mRNA Menang Nobel Kedokteran 2023
Jakarta-

Katalin Karikó dan Drew Weissman didapuk sebagai pemenang Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan atas penemuan modifikasi dasar nukleosida yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA efektif melawan COVID-19.

Hadiah untuk penghargaan ini bernilai USD 1.002.000 atau setara Rp 15,5 miliar pada saat diserahkan, yang akan dibagikan kepada para pemenang.

Penghargaan ini mengakui bagaimana para ilmuwan ini telah membantu memahami cara menggunakan mRNA untuk membuat vaksin jenis baru. Teknologi ini terbukti membawa perubahan besar pada tahun-tahun awal pandemi COVID-19. Tidak dapat disangkal bahwa vaksin COVID-19 mRNA telah menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia.

Profesor Katalin Karikó dan Drew Weissman sedang mengerjakan mekanisme yang dimediasi RNA lebih dari sekadar vaksin COVID-19, dan mekanisme ini memiliki potensi luar biasa untuk pengobatan lain. Keduanya juga menerima Breakthrough Prize 2022 atas karya mereka.

Dikutip dari IFLScience, Senin (2/10/2023) Profesor Karikó mencatat bahwa pengembangan teknologi RNA ini harus mengatasi tantangan yang signifikan selama beberapa dekade. Namun dia menekankan bagaimana teknologi kini telah menunjukkan potensi yang luar biasa.

"Teknologi mRNA dipandang sebagai alat penting tidak hanya dalam memerangi patogen seperti virus Corona, HIV, dan Ebola, tetapi juga dalam mengobati penyakit seperti kanker dan leukemia. Potensi pekerjaan ini sungguh luar biasa," ujarnya.

"Itu imajinasi rekan-rekan ilmuwan. Mereka mendapatkan ide, kemudian menggunakan mRNA untuk mengeksplorasi apa pun ide mereka," sebut Karikó.

Simak Video "FDA AS Setujui Vaksin RSV Pertama untuk Ibu Hamil, Bantu Cegah Bayi Sakit Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Baca Juga

Komentar