Pilihan

Ini Pernyataan Erdogan yang Bikin Israel Jengkel sampai Dituduh Anti-Yahudi - inews

Ini Pernyataan Erdogan yang Bikin Israel Jengkel sampai Dituduh Anti-Yahudi

By Anton Suhartono
inews.id
October 29, 2023
Recep Tayyip Erdogan mengecam keras Israel dalam orasinya saat Rapat Akbar Palestina di Istanbul
Recep Tayyip Erdogan mengecam keras Israel dalam orasinya saat Rapat Akbar Palestina di Istanbul

ISTANBUL, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri Rapat Akbar Palestina, demonstrasi mendukung Palestina atas serangan Israel, di Istanbul pada Sabtu kemarin. Dalam orasinya, Erdogan dengan lantang mengecam Israel.

Pernyataan-pernyataan keras Erdogan itu membuat Israel geram. Menteri Luar Negeri (Menlu) Eli Cohen bahkan mengirim balik diplomatnya ke Ankara yang sebelumnya diminta pulang. Tujuannya untuk mengevaluasi ulang hubungan kedua negara.

Erdogan mengatakan dalam orasinya, memperkenalkan Israel kepada dunia sebagai penjahat perang.

"Israel, kami juga akan menyatakan Anda sebagai penjahat perang kepada dunia. Kami sedang mempersiapkannya dan kami akan memperkenalkan Israel kepada dunia sebagai penjahat perang," ujarnya, di hadapan ratusan ribu demonstran, seperti dikutip dari Anadolu, Minggu (29/10/2023).

Erdogan melanjutkan, negara Barat memobilisasi politisi dan media untuk melegitimasi pembantaian orang-orang tak berdosa di Gaza, seraya menegaskan kembali bahwa Israel telah melakukan kejahatan perang.

Dia kemudian menyebut Israel sebagai penjajah dan menyinggung posisi Turki.

“Barat berutang kepada Anda (Israel), namun Turki tidak berutang kepada Anda,” tuturnya.

Lebih lanjut Erdogan menyindir negara Barat dengan mengatakan mereka hanya menitikkan air mata buaya saat ada warga sipil tewas dalam perang Ukraina-Rusia. Namun di sisi lain, mereka diam menyaksikan ribuan anak-anak tak berdosa dibantai di Gaza.

“Saya bertanya kepada Barat, apakah Anda ingin membuat Perang Salib lagi," katanya, seraya menegaskan penyebab utama pembantaian di Gaza adalah pihak Barat.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Belum cukup, Erdogan mengatakan semuanya tahu bahwa Israel hanya pion di kawasan yang akan dikorbankan jika saatnya tiba.

Erdogan lalu menyampaikan rasa hormat kepada warga Gaza karena tidak meninggalkan rumah dan kota mereka dalam menghadapi pengeboman yang dilakukan para penjajah.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Turki membalas pernyataan Dubes Israel di PBB yang menyebut Erdogan anti-Yahudi. Disebutkan Israel tidak bisa menerima kritik dan kecaman padahal secara terang-terangan bertindak brutal di Gaza. Israel melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan di hadapan seluruh dunia.

Soal sebutan anti-Yahudi yang dialamatkan kepada Erdogan, Kemlu Turki menyebut tuduhan itu tidak berdasar seraya menegaskan negaranya merupakan tempat berlindung yang aman bagi orang-orang Yahudi.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek