Jokowi Hadiri Gala Dinner KTT AIS Forum 2023 di Bali By BeritaSatu

 

Jokowi Hadiri Gala Dinner KTT AIS Forum 2023 di Bali

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

Bali, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri gala dinner KTT ke-1 Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali, pada Selasa (10/10/2023) malam.

"Selamat datang di Bali dan selamat datang di Indonesia untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi pertama dari gala dinner KTT AIS Forum," ujar Jokowi saat memberi sambutan.

Jokowi menyampaikan, AIS Forum dilaksanakan untuk mempererat kerja sama antar negara pulau dan kepulauan.

Presiden Jokowi menyambut para tamu melalui upaya persahabatan. Menurut Jokowi laut adalah kehidupan bersama. Lautan merupakan kesatuan manusia dan lautan menyediakan banyak sumber daya yang harus dikelola secara bertanggung jawab.

"Selamat menikmati malam ini," tambah Jokowi.

Diketahui, KTT AIS Forum 2023 akan diikuti oleh 30 dari total 51 negara peserta, serta pejabat dari empat organisasi internasional.

Negara yang telah mengonfirmasi keikutsertaan dalam KTT AIS Forum tahun ini, yaitu Mikronesia, Niue, Sao Tome and Principe, Timor Leste, Tuvalu, Fiji, Tonga, Maladewa, Kepulauan Marshall, Palau, Papua Nugini, Seychelles, Singapura, Kepulauan Solomon, dan Sri Lanka.

Selanjutnya Cabo Verde, Selandia Baru, Madagaskar, Bahrain, Kepulauan Cook, Siprus, Irlandia, Jepang, Malta, Filipina, Saint Lucia, Samoa, Suriname, dan Inggris yang juga akan turut berpartisipasi dalam KTT tersebut.

Sementara itu, empat organisasi internasional yang juga ikut menghadiri KTT AIS Forum adalah Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), ASEAN, dan UNDP.

Baca Juga

Komentar