Kabar Terkini Jessica Wongso Usai Geger Wawancara Disetop di Dokumenter - Viva

 

Kabar Terkini Jessica Wongso Usai Geger Wawancara Disetop di Dokumenter

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Sep 2023 07:01 WIB
Jessica Divonis 20 Tahun Penjara
Jessica Wongso (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kini kembali mencuat. Pembunuhan itu terjadi pada 2016 dan sempat menyita perhatian publik.

Mirna diketahui tewas setelah diduga meminum kopi yang dibeli Jessica. Kopi itu mengandung sianida hingga menyebabkan kematian pada Mirna.

Jessica lalu ditetapkan sebagai tersangka. Dia menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hingga divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baca juga:

Tujuh tahun berselang, kasus pembunuhan Mirna mengemuka lewat sebuah film dokumenter. Film itu juga menjadi sorotan karena memuat adegan Jessica yang dilarang diwawancara.

Dalam salah satu adegan terlihat Jessica Wongso sempat memberikan keterangan mengenai kasus tewasnya Mirna. Namun, saat memberikan keterangan, terdengar suara pria memotong penjelasan Jessica. Belum diketahui kapan wawancara tersebut diambil. Namun, sejak wawancara itu, pembuat film dokumenter tersebut mengatakan tidak diperkenankan kembali mewawancarai Jessica.

Penjelasan Kalapas Pondok Bambu

Jessica diketahui menjalani penahanan di Lapas Kelas II A Pondok Bambu. Kalapas Ade Agustina lalu buka suara mengenai adegan dipotongnya Jessica saat diwawancara.

Baca juga:

"Karena saya saat adanya rekaman video atau film itu belum bertugas di Lapas Pondok Bambu. Jadi saya perlu melihat dulu dokumen dimaksud ya. Belum bisa memberikan komentar lainnya," kata Ade saat dihubungi, Jumat (29/9/2023).

Ade juga menjawab soal izin untuk melakukan wawancara bagi tahanan di Lapas Pondok Bambu, termasuk Jessica Wongso. Menurutnya, wawancara bisa dilakukan selama berhubungan dengan program pembinaan.

"Wawancara boleh saja yang berhubungan dan mendukung pada substansi program pembinaan karena memang itu yang sedang dilaksanakan," katanya.

Simak Video 'Film Dokumenter Kopi Sianida Jessica Tayang September di Netflix':

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Kabar Terkini Jessica Wongso di Balik Jeruji

Ade juga mengungkap kabar terkini Jessica Wongso. Lalu, bagaimana kabarnya?

"Kalau kondisi Jessica sejak saya bertugas selama kurang lebih 10 bulan ini dalam keadaan sehat baik," ujar Ade.

Ade mengatakan tidak ada perlakuan khusus yang diterima oleh Jessica. Jessica, kata Ade, diperlakukan sama seperti tahanan lainnya di Lapas Kelas II A Pondok Bambu.

Baca juga:

"Tidak ada perlakukan spesial baik dalam arti negatif atau positif. Semua WBP (warga binaan permasyarakatan) mendapat perlakuan yang sama dalam arti positif, menerima hak yang sama sesuai aturan," ujar Ade.

"Saya kira oleh pimpinan yang sebelumnya juga sama sebagaimana yang selama ini kami laksanakan," sambung Ade.

Jessica ditetapkan sebagai tersangka dan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Jalannya sidang kasus Jessica menjadi perhatian publik pada 2016.

Baca juga:

Dalam sidang tersebut, Jessica lalu dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan berencana. Dia divonis 20 tahun penjara.

Sejumlah upaya hukum sempat dilakukan Jessica melawan putusan tersebut. Tercatat dia pernah mengajukan banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada Oktober 2016. Putusan PT DKI Jakarta saat itu menolak banding dari Jessica.

Jessica juga mengajukan kasasi di Mahkamah Agung pada Juni 2017 hingga peninjauan kembali pada 2018. Kedua putusan itu menolak dan tetap memvonis Jessica dengan hukuman penjara 20 tahun.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar