Kabut Tebal Landa Pantai Selatan Jogja, Sejumlah Penerbangan di Bandara YIA Ditunda - inews

 

Kabut Tebal Landa Pantai Selatan Jogja, Sejumlah Penerbangan di Bandara YIA Ditunda

By erfan erlin
yogya.inews.id
October 6, 2023
kabut tebal di pesisir selatan DIY membuat sejumlah penerbangan di Bandara YAI terganggu.
kabut tebal di pesisir selatan DIY membuat sejumlah penerbangan di Bandara YAI terganggu.

KULONPROGO, iNews.id - Kabut tebal melanda kawasan pantai Selatan DIY mulai dari Kulonprogo hingga Gunungkidul. Akibatnya, sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) terpaksa ditunda.

Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane mengatakan, terdapat peringatan dini cuaca di wilayah Bandara YIA yang berlaku mulai pukul 18.11 WIB. Saat itu terjadi kabut tebal dengan jarak pandang 500 meter.

"Hal ini tentu berpengaruh terhadap sejumlah penerbangan di YIA. Karena jarak pandangnya tidak aman untuk penerbangan," ujarnya, Jumat (6/10/2023) malam.

Beberapa penerbangan terpaksa ditunda keberangkatannya atau kembali ke bandara asal. Selain itu juga ada yang mendarat di bandara Juanda Surabaya. Kondisi ini juga menjadikan terjadinya kepadatan di ruang tunggu.

Penerbangan yang tertunda keberangkatannya adalah Pelita Air dan Batik Air. Kemudian yang terpaksa mendarat di bandara lain ada Superjet dan dua penerbangan Lion Air.

“Ketiganya mendarat di Bandara Juanda Surabaya,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Sementara yang kembali ke bandara asal adalah Batik Air 6372 Return To Base ke Cengkareng dan Trans Nusa 5536 juga kembali ke Cengkareng. Namun Kondisi saat ini pukul 19.00 WIB seluruh pesawat holding telah mendarat di YIA.

Sementara di Gunungkidul, kabut tebal juga mulai turun sejak pukul 17.15 WIB. Nelayan Pantai Baron tidak jadi melaut untuk mencari ikan.

"Sebenarnya ini fenomena tahunan. Ketika kemarau panjang pasti ada kabut tebal," ujar Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 2, Surisdiyanto.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Baca Juga

Komentar