Konvoi 60 Truk Bawa Bantuan Menuju Gaza Melalui Rafah MesirBy BeritaSatu

Konvoi 60 Truk Bawa Bantuan Menuju Gaza Melalui Rafah Mesir

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Warga Palestina melewati bangunan-bangunan yang hancur oleh serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, Sabtu 28 Oktober 2023.
Warga Palestina melewati bangunan-bangunan yang hancur oleh serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, Sabtu 28 Oktober 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Konvoi 60 truk yang membawa bantuan kemanusiaan melintasi sisi penyeberangan Rafah di Mesir pada Senin (30/10/2023) sebelum memasuki Jalur Gaza.

“Ini adalah jumlah bantuan terbesar dalam perjalanan ke Gaza sejak pengiriman bantuan dimulai pada 21 Oktober,” kata sumber di Mesir yang tidak ingin disebutkan namanya dikutip dari Xinhua.

Sebelumnya pada 21 Oktober, 20 truk berisi bantuan kemanusiaan memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah, satu-satunya penyeberangan perbatasan antara wilayah pesisir yang terkepung dan Mesir.

Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober dengan menembakkan ribuan roket dan menyusup ke wilayah Israel. Serangan ini dibalas Israel dengan serangan udara besar-besaran, operasi darat, dan tindakan pengepungan terhadap wilayah kantong tersebut dengan memutus pasokan air, listrik, bahan bakar, dan kebutuhan lainnya.

Menurut pasukan pertahanan Israel, setidaknya 1.400 orang di Israel tewas dan total 239 orang disandera selama serangan Hamas.

Sedangkan jumlah korban tewas warga Palestina akibat serangan Israel di jalur Gaza meningkat menjadi 8.306 orang. Sementara itu, sebanyak 21.048 warga Palestina terluka akibat serangan udara Israel.


Baca Juga

Komentar