Pilihan

Mengenal Dataran Golan, Lokasi Konflik antara Israel dan Hizbullah di Lebanon - inews

 

Mengenal Dataran Golan, Lokasi Konflik antara Israel dan Hizbullah di Lebanon

By Muhammad Fida Ul Haq
inews.id
October 18, 2023
Konflik antara Israel dan Hizbullah sering terjadi di perbatasan dekat Dataran Golan
Konflik antara Israel dan Hizbullah sering terjadi di perbatasan dekat Dataran Golan

JAKARTA, iNews.id - Kelompok Hizbullah gencar menyerang Israel di kawasan perbatasan dekat Dataran Golan. Wilayah itu merupakan zona konflik.

Melansir dari Al Jazeera, Kamis (19/10/2023), dataran Golan, telah menjadi salah satu aspek sentral ketegangan di Timur Tengah selama beberapa dekade. Konflik itu bermula saat Perang Arab 1967.

Selama Perang Enam Hari, Israel merebut sebagian besar wilayah ini dari Suriah, dan sejak saat itu Dataran Golan telah menjadi sumber konflik.

Israel juga melakukan invasi ke Lebanon selatan dalam upaya untuk memerangi pejuang di Palestina. Hal ini memicu konflik lebih lanjut antara Israel dan pasukan Lebanon, termasuk kelompok Hizbullah.

Hizbullah adalah kelompok Syiah yang muncul sebagai aktor utama dalam konflik. Mereka memperoleh dukungan dari Iran dan Suriah dan memiliki basis yang kuat di Lebanon selatan.

Hizbullah memiliki kepentingan dalam sengketa Dataran Golan dan telah terlibat dalam serangkaian serangan terhadap Israel.

PBB sempat melakukan mediasi terkait sengketa di Dataran Golan. Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 disahkan pada tahun 2006 mengakhiri Perang Lebanon antara Israel dan Hizbullah. Resolusi ini mencakup gencatan senjata dan pengawasan wilayah perbatasan.

Sebelumya, Hizbullah di Lebanon memperingatkan prajuritnya siap untuk berperang. Serangan ke perbatasan akan dilakukan hingga Israel menghentikan bombardir ke Gaza.

Amerika Serikat juga memperingatkan Iran, yang mendukung Hizbullah dan kelompok Hamas, agar tidak terlibat dalam krisis ini. Dua kapal induk dikerahkan untuk mencegah perang meluas.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek