Menlu Retno Sebut Batik Simbol Keindahan Cinta Kasih - inews

 

Menlu Retno Sebut Batik Simbol Keindahan Cinta Kasih

By Ari Sandita Murti
inews.id
October 1, 2023
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat menghadiri Istana Berbatik di depan Istana Merdeka.
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat menghadiri Istana Berbatik di depan Istana Merdeka.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyebut batik simbol keindahan cinta kasih. Retno ikut catwalk dalam Istana Berbatik di depan halaman Istana Merdeka malam ini.

"Ini adalah simbol keindahan cinta kasih serta sikap saling menuntun dan mengayomi, itu corak batiknya," ujar Retno Marsudi kepada wartawan di lokasi, Minggu (1/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Retno tampak mengenakan batik berwarna hitam dengan corak berwarna cokelat. Terdapat pula corak batik bergambar bunga dengan warna merah.

Adapun acara Istana Berbatik dibuka langsung oleh Presiden Jokowi Widodo. Hadir dalam acara itu Wapres RI Ma'ruf Amin, para menteri kabinet, kepala lembaga, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan para duta besar (dubes) negara-negara sahabat.

Istana Berbatik menampilkan fashion show yang melibatkan sekitar 500 peserta yang terdiri atas para pejabat negara, petinggi kementerian/lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), public figure, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, hingga para duta besar (dubes) negara-negara sahabat.

Keterlibatan dubes dari negara-negara sahabat sebagai model, maka Istana Berbatik dapat menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan batik di pasar internasional.

Selain itu, "Istana Berbatik" juga menjadi momen penting untuk semakin meneguhkan batik sebagai warisan budaya asal Indonesia, sebagaimana UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) sejak 2 Oktober 2009.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar