Pengamat Sebut Ganjar Pranowo Mengerti Tentang Persoalan Desa, Ini Alasannya - inews

 

Pengamat Sebut Ganjar Pranowo Mengerti Tentang Persoalan Desa, Ini Alasannya

By Royandi Hutasoit
inews.id
October 18, 2023
Bacapres Ganjar Pranowo.
Bacapres Ganjar Pranowo.

JAKARTA, iNews.id - Calon Presiden Ganjar Pranowo adalah Capres paling memahami persoalan di tingkat desa. Hal tersebut disampaikan oleh pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan yaitu Emrus Sihombing.

Hal itu dapat dikatakan oleh Emrus karena selama menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar berhasil untuk membangun desa-desa di wilayah tersebut.

Emrus menganggap bahwa Ganjar memiliki catatan prestasi yang positif selama masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Tengah. Menurutnya, selama 10 tahun kepemimpinannya, Ganjar berhasil membangun 2.300 desa yang mandiri dalam sektor energi, mengembangkan 818 desa wisata, dan menginisiasi pembentukan 29 desa antikorupsi.

"Saya sangat setuju Ganjar Pranowo membangun dari desa. Kalau desa sudah terbangun, otomatis camat pasti sejahtera, provinsi pasti sejahtera, dan negara pasti sejahtera," kata Emrus dalam keterangannya, Rabu (18/10/2023).

Emrus menekankan bahwa pembangunan suatu negara harus dimulai dengan membangun pada tingkat mikro, dimulai dari keluarga, kemudian baru ke tingkat desa.

Dia berpendapat bahwa pembangunan desa tidak hanya berkaitan dengan aspek ekonomi, melainkan juga perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa.

"Karena itu, Ganjar perlu memasukkan ide peningkatan mutu pendidikan di desa sebagai bagian integral dari visi-misi pembangunan desa," katanya.

Emrus berpendapat bahwa pendidikan di desa harus lebih dari sekadar pendidikan dasar (SD); sebaliknya, harus fokus pada pengembangan keterampilan yang sesuai dengan keunggulan masing-masing desa.

Sebagai contoh, jika suatu desa memiliki keunggulan dalam pengawetan ikan, maka perlu mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkualitas dalam bidang pengawetan ikan. Dengan demikian, desa-desa tersebut akan memiliki kemampuan untuk ekspor dalam bidang yang sesuai dengan keunggulan mereka.

Emrus menghargai kinerja Ganjar dalam membangun desa-di Jawa Tengah dan berharap bahwa upaya serupa dapat diperluas ke wilayah lain. Dia berharap Ganjar segera merancang program yang rinci untuk pembangunan desa, sehingga masyarakat di luar Jawa Tengah dapat memahami arah pembangunan desa yang diusulkan oleh Ganjar.

"Komunikasi yang efektif sangat penting agar isu ini menjadi strategis dan mendekatkan diri dengan masyarakat desa," kata Emrus.

Komunikasi bukanlah hal sulit bagi Ganjar dikarenakan Ganjar sendiri merupakan ketua Dewan Pembina Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI).

Sehingga Ganjar sudah paham dan mengerti betul persoalan di desa. Ganjar sendiri juga menegaskan bahwa mengelola desa tidak sama dengan mengelola wilayah seperti kabupaten atau provinsi.

Hal tersebut dikatakan oleh Ganjar saat mengisi acara Forum Akademisi Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Oleh karena itu pengalaman Ganjar mengelola Desa di Jawa Tengah juga sebagai ketua dewan pembina PAPDESI dapat menjadi acuan bahwa Ganjar Pranowo adalah sosok yang paling mengerti tentang permasalahan desa di Seluruh Indonesia.

Editor : Johnny Johan Sompotan

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar