Pilihan

Sidang Parlemen Anggota G20 di India, Ketua DPR Tegaskan Komitmen RI pada Kesetaraan Gender - inews

 

Sidang Parlemen Anggota G20 di India, Ketua DPR Tegaskan Komitmen RI pada Kesetaraan Gender

By Achmad Al Fiqri
inews.id
October 14, 2023
Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti rangkaian G20 Parliamentary Speaker`s Summit di India.
Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti rangkaian G20 Parliamentary Speaker`s Summit di India.

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri hari kedua perhelatan G20 Parliamentary Speaker's Summit atau P20 ke-9 yang digelar di India. Pada sidang umum parlemen negara-negara G20 itu, Puan menegaskan komitmen Indonesia pada isu kesetaraan gender.

Puan menyebut, peran sentral perempuan akan menjamin stabilitas, kemajuan, dan dampak pembangunan jangka panjang.

"Komitmen kami untuk memastikan kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender tidak hanya melalui tindakan afirmatif dalam politik namun juga melalui perencanaan dan penganggaran responsif gender dalam rencana pembangunan nasional," kata Puan dalam keterangan, Sabtu (14/10/2023).

Dalam lingkup hukum, Puan menerangkan, kebijakan yang mendukung sangatlah penting untuk mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan yang dipimpin oleh perempuan. Ia mengungkap saat ini Indonesia juga memiliki banyak undang-undang yang berorientasi kepada perempuan, termasuk dalam melindungi perempuan dari bentuk-bentuk kekerasan seksual.

"Indonesia telah memperkenalkan kebijakan kesetaraan gender setidaknya sejak tahun 2000. Kita juga telah mengadopsi undang-undang yang menjamin keterwakilan perempuan dalam politik," jelas Puan.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Mantan Menko PMK tersebut juga menekankan, Indonesia terus mendorong agar perempuan terus berdaya di berbagai sektor. Termasuk, kata Puan, pada sektor ekonomi bisnis.

"Pemberdayaan ekonomi perempuan adalah salah satu komponen paling mendasar dalam mencapai kesetaraan gender, dan untuk mencapai SDGs," ucapnya.

Puan menyebut peran perempuan sangat berdampak di sektor ekonomi, terutama di masa pandemi Covid-19. Saat banyak suami kehilangan pekerjaan di era pandemi, banyak perempuan yang berkarya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bahkan usaha yang dijalankan perempuan itu tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

"Kepemimpinan perempuan bukanlah suatu pilihan namun suatu keharusan. Jelas ketika kita meningkatkan partisipasi perempuan, kita juga meningkatkan potensi pertumbuhan negara dan ini berarti, berkontribusi terhadap pencapaian SDGs pada tahun 2030," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek