Pilihan

Status Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Naik Jadi Darurat Bencana By BeritaSatu

 

Status Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Naik Jadi Darurat Bencana

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Memasuki hari keempat TPA Rawa Kucing Kota Tangerang masih dilanda kebakaran, Senin 23 Oktober 2023.
Memasuki hari keempat TPA Rawa Kucing Kota Tangerang masih dilanda kebakaran, Senin 23 Oktober 2023.

Tangerang, Beritasatu.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang resmi menetapkan status kebakaran TPA Rawa Kucing menjadi darurat tanggap bencana.

Maryono mengatakan alasan ditetapkan status darurat tanggap bencana karena lokasi TPA Rawa Kucing terletak hanya 2,5 kilometer sebelah barat Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Kebakaran di TPA Rawa Kucing ini sudah masuk atau pun berstatus sebagai bencana daerah. Kebakaran TPA Rawa Kucing ini sudah menjadi perhatian nasional karena lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Soekarno-Hatta," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan, Senin (23/10/2023).

Menyikapi status tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Andri S Permana turut angkat bicara. Andri menilai, penetapan status bencana daerah itu terlambat dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Pasalnya, kebakaran TPA Rawa Kucing sudah berlangsung empat hari dan telah memberi dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Beberapa rumah warga pun ada yang hangus akibat kebakaran TPA tersebut.

"Eskalasi kebakaran ini sudah masuk ke wilayah dan berdampak langsung terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar TPA Rawa Kucing. K karakteristik kebakaran seperti ini tidak bisa diselesaikan dalam tempo waktu satu atau dua hari, maka dari itu seharusnya sejak kemarin statusnya sudah dinaikan menjadi bencana daerah," imbuh Andri.

Andri menambahkan proses kebakaran TPA Rawa Kucing tersebut membutuhkan penanganan yang ekstra.
Oleh karena itu, dibutuhkan peran dari berbagai daerah hingga tingkat nasional untuk bahu-membahu memadamkan api.

"BPBD Kota Tangerang tidak punya kontigensi bencana terkait kebakaran dengan karakteristik di persampahan seperti TPA Rawa Kucing ini. Makanya diperlukan pelibatan instrumen dari daerah lain bahkan nasional untuk sama-sama terikat, menanggulangi bencana TPA Rawa Kucing," jelas Andri.

Memasuki hari ke empat TPA Rawa Kucing yang terletak di Kecamatan Neglasari, masih dilanda kebakaran. Petugas gabungan berbagai instansi terkait dan BPBD Kota Tangerang terus berupaya memadamkan kobaran api.

Bahkan, pada hari ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menerjunkan 1 unit helikopter water bombing PK - DBM/ AS350B3e untuk membantu mempercepat proses pemadaman di TPA Rawa Kucing tersebut.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek