Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Terungkap, 7 Pendulang Emas di Yahukimo Tewas Dibunuh KKB Asbak Koranue - inews

 

Terungkap, 7 Pendulang Emas di Yahukimo Tewas Dibunuh KKB Asbak Koranue

By Donald Karouw
papua.inews.id
October 17, 2023
Personel Satgas Damai Cartenz saat mengevakuasi korban penembakan KKB di Yahukimo.
Personel Satgas Damai Cartenz saat mengevakuasi korban penembakan KKB di Yahukimo.

YAHUKIMO, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang kamp pendulang emas di Kali I Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Peristiwa ini menyebabkan tujuh warga yang merupakan pendulang emas tewas dan 11 orang lainnya dievakuasi selamat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, penyerangan diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Asbak Koranue yang juga merupakan bagian dari kelompok Egianus Kogoya.

“Penyerangan yang terjadi kemarin benar adanya dan diduga dilakukan KKB pmpinan Asbak Koranue, bagian dari Kelompok Egianus Kogoya,” ujarnya, Selasa (17/10/2023).

Penyerangan tersebut juga menyebabkan beberapa alat berat hangus terbakar, seperti 3 unit Ekskavator, 2 truk dan 1 Camp. Informasi ini diperoleh dari saksi-saksi yang berhasil dievakuasi ke Polres Yahukimo.

“Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri bersama Satgas Damai Cartenz telah melaksanakan rapat tertutup guna membahas langkah-langkah penindakan hukum terhadap para pelaku,” katanya.

Sebelumnya, Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan, tim gabungan sempat mendapat gangguan tembakan dari KKB saat proses evakuasi

Operasi penyelamatan dan evakuasi ini melibatkan 42 personel gabungan Satgas Damai Cartenz, Brimobda Papua dan Polres Yahukimo. Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Di tempat terpisah Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Dr Bayu Suseno mengatakan korban yang selamat dan berhasil dievakuasi sebanyak 11 orang.

"7 korban selamat berhasil dievakuasi siang ini dan dalam kondisi luka-luka ringan. Jadi total korban selamat berjumlah 11 orang," ujar Bayu.

Identitas korban tewas ditembak KKB yakni Udin (Sulsel), Maun (Sulsel), Ardi (Sulsel), Hendra (Sulsel), Anju (Sumatera Utara), Appe (Sulsel) dan Siger (Sulsel). Sementara 11 korban yang selamat Amiman, Abdul Azis alias Nene Azis, Erwin, Abd Rahmansyah alias Rahsya, Abdul Samad, Renaldi, Hermudin, 8. Bebeng, Markus Tumpia, Ahmad Saleh Ohe dan Holden.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek