Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Anies Sentil Pembangunan IKN di Dialog Muhammadiyah: Ketimpangan Baru - CNN Indonesia

Anies Sentil Pembangunan IKN di Dialog Muhammadiyah: Ketimpangan Baru

CNN Indonesia
Rabu, 22 Nov 2023 12:20 WIB
Anies mengatakan pembangunan IKN tak menghasilkan pemerataan, namun justru membuat munculnya ketimpangan antara kota baru dengan daerah di sekitarnya.
Anies sentil pembangunan IKN di Kaltim timbulkan ketimpangan baru. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan menilai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur hanya akan menimbulkan ketimpangan baru.

Anies mengatakan pembangunan IKN tak menghasilkan pemerataan, namun justru akan membuat munculnya ketimpangan antara kota baru tersebut dengan daerah-daerah yang ada di sekitarnya.

Menurutnya, pemerataan bisa dilakukan dengan cara mengembangkan kota-kota kecil hingga menengah yang ada di berbagai wilayah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi antara tujuan mau memeratakan Indonesia, tidak. Kalau mau meratakan Indonesia maka bangun kota kecil menjadi menengah, kota menengah menjadi besar di seluruh wilayah Indonesia," kata Anies di acara Dialog Terbuka Muhammadiyah yang digelar di UMS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/11).

Anies menyebut tujuan pemerintah untuk memeratakan pembangunan dan perekonomian di Indonesia tak sejalan dengan upaya-upaya yang dilakukan.

"Bukan hanya membangun satu kota di tengah-tengah hutan. Karena membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang baru. Jadi antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu tidak nyambung. Kami melihat di sini problem," ujarnya.

Karena itu, kata dia, pembangunan IKN perlu dikaji secara serius demi pemerataan yang menjadi tujuan Indonesia.

"Menurut kami langkahnya bukan dengan membangun satu kota tapi justru dengan membesarkan semua kota yang ada di seluruh Indonesia," kata Anies.

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara merupakan program strategis pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut rencana, pemindahan IKN dimulai tahun depan hingga 2045.

(rzr/DAL)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek