Pilihan

Bahaya Kecanduan Makanan Manis, Bisa Sebabkan Emosi Tak Stabil - Beritasatu

Bahaya Kecanduan Makanan Manis, Bisa Sebabkan Emosi Tak Stabil

Minggu, 26 November 2023 | 11:35 WIB
Penulis: Winda Destiana Putri | Editor: WDP
Kecanduan makan makanan manis ternyata membawa dampak serius bagi kesehatan seseorang. Kebiasaan ini dapat memicu kondisi yang disebut sebagai sugar craving.
Kecanduan makan makanan manis ternyata membawa dampak serius bagi kesehatan seseorang. Kebiasaan ini dapat memicu kondisi yang disebut sebagai sugar craving. (Istimewa / Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Kecanduan makan makanan manis ternyata membawa dampak serius bagi kesehatan seseorang. Menurut dr Nadia Alaydrus, Healthy Educator mengatakan kebiasaan ini dapat memicu kondisi yang disebut sebagai sugar craving. Ketika seseorang memiliki keinginan berlebih untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

ADVERTISEMENT

"Kecanduan makan makanan manis dapat menyebabkan emosi tidak stabil, sulit berkonsentrasi, hiperaktif, dan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes melitus, sakit jantung, bahkan kanker," ungkap dr Nadia melalui akun TikTok miliknya @nadialaydrus Minggu (26/11/2023).

BACA JUGA

Dampak negatif ini menurut dr Nadia dapat muncul akibat gaya hidup yang tidak stabil atau kurang sehat, terutama dari konsumsi makanan manis secara berlebihan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan manis dan tubuh kekurangan kalori, instingnya akan mendorong untuk mencari sumber energi alternatif.

ADVERTISEMENT

Namun, kehati-hatian bukan hanya diperlukan pada konsumsi makanan manis. Bagi mereka yang sering mengonsumsi makanan cepat saji, perlu juga untuk mengontrol atau mengurangi konsumsi tersebut. Ini karena makanan cepat saji mengandung sodium, yang dapat menjadi pemicu tubuh untuk menginginkan makanan manis.

Lalu, bagaimana mengatasi masalah ini?
Menurut dr Nadia, langkah yang paling penting adalah menjaga pola makan dengan bijak. Disarankan untuk selalu menjaga konsistensi dalam mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan serat yang cukup, sambil menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung pemanis buatan. Selain itu, penting juga untuk menghindari faktor stres.

BACA JUGA

"Stres dapat mendorong kita untuk mencari kenyamanan pada makanan manis," tambah dr Nadia.

Dengan menjaga pola makan yang seimbang, menghindari makanan yang dapat memicu keinginan berlebih untuk makan makanan manis, serta mengelola stres dengan baik, diharapkan dapat membantu mencegah dampak negatif dari kecanduan makan makanan manis pada kesehatan tubuh. Semua ini merupakan langkah-langkah sederhana namun efektif dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek