Pilihan

Cegah Kanker hingga Turunkan Berat Badan, Manfaat Utama Apel - Beritasatu

Cegah Kanker hingga Turunkan Berat Badan, Manfaat Utama Apel

Senin, 27 November 2023 | 22:47 WIB
Penulis: Winda Destiana Putri | Editor: WDP
Apel telah lama menjadi favorit di meja makan orang-orang di seluruh dunia. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, apel juga menyimpan sejumlah manfaat
Apel telah lama menjadi favorit di meja makan orang-orang di seluruh dunia. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, apel juga menyimpan sejumlah manfaat (Istimewa / Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Buah apel telah lama menjadi favorit di meja makan orang-orang di seluruh dunia. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, apel juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

ADVERTISEMENT

Apel selalu dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan mereka. Bahkan, banyak ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini. 

Baca Juga: Buah Apel Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

Mengutip laman Healthline Senin (27/11/2023) berikut adalah sejumlah manfaat penting apel, buah yang sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat, mulai dari pie hingga smoothies.

1. Menurunkan berat badan
Makanan tinggi serat dan air, apel mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel utuh lebih efektif dalam meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan jus apel, bahkan dalam jumlah yang sama.

ADVERTISEMENT

Fenomena ini dihubungkan dengan kemampuan apel utuh dalam mengurangi kecepatan pengosongan lambung. Tidak hanya itu, asupan apel juga terkait dengan penurunan signifikan indeks massa tubuh (BMI), yang merupakan faktor risiko penyakit jantung terkait berat badan. Polifenol dalam apel juga diyakini memiliki efek anti-obesitas yang menarik.

2. Meningkatkan kesehatan usus
Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berperan sebagai prebiotik dalam mikrobioma usus. Usus yang sehat memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pektin mencapai usus besar secara utuh, mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan meningkatkan rasio bacteroidetes terhadap firmicutes, dua jenis bakteri utama di usus. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perubahan menguntungkan dalam mikrobiota usus dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

3. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan dalam apel memberikan perlindungan melawan jenis kanker tertentu. Seperti, kanker paru-paru, payudara, dan saluran pencernaan. Polifenol dalam apel diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, menjadikannya sebagai elemen penting dalam strategi pencegahan kanker.

BACA JUGA

4. Perlindungan untuk otak
Quercetin, senyawa dalam apel memiliki peran dalam melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Sebuah meta-analisis dari 14 penelitian pada hewan menunjukkan bahwa quercetin dapat memiliki sifat pencegahan terhadap penyakit alzheimer.

Dengan segudang manfaat kesehatan yang ditawarkan, konsumsi apel secara teratur dapat menjadi langkah sederhana namun signifikan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek