Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Dalam 2 Pekan, Baznas Terima Donasi untuk Palestina Rp61,5 Miliar - Inews


Dalam 2 Pekan, Baznas Terima Donasi untuk Palestina Rp61,5 Miliar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Noor Achmad. (Foto: MPI/Eka Setiawan)

SEMARANG, iNews.id – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Noor Achmad, mengemukakan animo masyarakat Indonesia memberikan donasi untuk Palestina sangat besar. Dalam kurun waktu 2 pekan, donasi untuk Palestina yang terkumpul di Baznas mencapai Rp61,5 miliar.

“Setengah bulan sudah terkumpul Rp61,5 miliar lebih dari target Rp12 miliar, cepat sekali itu,” ungkap Noor Achmad, usai melaunching ZCorner di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Kampus UIN Walisongo, Kota Semarang, Sabtu (18/11/2023).

Menurut dia, bantuan itu akan diarahkan ke Gaza Palestina melalui Rafah Mesir. Saat ini Rafah menjadi lokasi yang berbatasan langsung dengan Gaza Palestina, dan satu-satunya akses yang bisa dilewati untuk mengirim bantuan.

“Kami sudah punya koneksitas dengan Yordania, tapi tidak bisa, ternyata daerah Yordania, dari Amman (Ibu Kota Yordania) belum (bisa masuk), yang bisa baru dari Mesir,” ujar Noor. 

Walau demikian, Baznas termasuk juga dengan Mesir masih memerlukan kerja sama dengan pihak-pihak tertentu. Terutama yang punya hubungan dengan Red Cross alias palang merah di Gaza, Palestina. 

Noor Achmad mengatakan dalam waktu dekat akan ke Mesir, membuat semacam perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak di antaranya lembaga zakat dan sodakoh di Mesir hingga palang merah di Mesir. “Besok akan ke sana (Mesir),” kata Noor.

Sementara terkait bentuk bantuan yang diberikan dari donasi yang dikumpulkan, semuanya akan berupa barang. Terutama makanan, susu bayi, pakaian, selimut dan obat-obatan.

Bantuan sudah disalurkan secara bertahap. Tercatat sebelumnya sudah 2 kali dilakukan, pertama dengan koordinasi Kementerian Luar Negeri totalnya 50 ton di mana Baznas andil 21 ton, dan melalui Kapal RS milik TNI Angkatan Laut membawa 51 ton.

“Saya sedang minta tambahan untuk (ditambah) 2 ton, karena sekarang ini ada tambahan-tambahan misalnya melalui AA Gym (Abdullah Gymnastiar) dan Ustaz Abdul Somad, mau datang ke Baznas untuk menyerahkan. Saya sedang minta tambahan 2 ton tadi (untuk dikirim) karena tanggal 20 ini terakhir,” tutur Noor.  

Dia mengungkapkan, ketika ditanyakan animo masyarakat Indonesia untuk membantu warga Palestina sangat besar. Bahkan, lebih cepat terkumpul dan lebih besar dibandingkan dengan ketika terjadi bencana-bencana alam.  “Karena ini isu kemanusiaan luar biasa atas kebengisan, catat ya kebengisan Israel,” kata Noor.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menambahkan pihaknya menerima donasi dari berbagai pihak, termasuk dari Baznas kabupaten/kota ataupun provinsi untuk disalurkan ke Palestina.

“Misalnya Kabupaten Banyumas itu sudah Rp540juta, Provinsi Riau Rp7,4miliar. Kami juga punya banyak program untuk mahasiswa asal Palestina (beasiswa) di Indonesia, kami fasilitasi itu,” ujar Noor. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek