Dirut Pertamina Ungkap Permainan Harga LPG 3 Kg di Tingkat Pengecer - inews

Dirut Pertamina Ungkap Permainan Harga LPG 3 Kg di Tingkat Pengecer Dirut Pertamina Nicke Widyawati menekankan perlunya antisipasi dalam penyaluran LPG 3 kg hingga BBM subsidi. (Foto: dok Pertamina).

JAKARTA, iNews.id Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menekankan perlunya antisipasi dalam penyaluran LPG 3 kg hingga BBM subsidi. Hal ini karena adanya penyelewengan dalam penimbunan pasokan yang kemudian membuat harga kedua komoditas itu melonjak.

"Yang perlu kita antisipasi adalah permainan di dalam penyelewengan dari baik itu LPG subsidi maupun BBM subsidi yang menahan stok sehingga harga di pasar meningkat," ujar Nicke dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dari YouTube Kemendagri, Senin (4/9/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah telah mengubah regulasi soal distribusi LPG 3 kg, di mana semua pangkalan yang awalnya hanya menjual 50 persen kini menjadi 80 persen. Sementara, sisanya sebanyak 20 persen kini dijual lewat pengecer.

"Artinya 80 persen harga LPG subsidi ini dikendalikan dengan harga eceran tertinggi yang diatur oleh Pemda. Ini yang terus kami pastikan agar pelaksanaannya berjalan lancar dan 20 persen betul-betul bisa kita kendalikan harganya," tuturnya.

Menurutnya, dengan skema lama yaitu pangkalan hanya bisa menjual 50 persen, pemerintah daerah tidak dapat mengatur di tingkat pengecer, sehingga menjadi celah untuk mempermainkan harga.

Editor : Aditya Pratama

Baca Juga

Komentar