Jalur Neraka, Truk Tambang dan Janji-janji Palsu di Parung Panjang – CNN Indonesia – https://bit.ly/3MYgMhf #Opsiin #Kopiminfo - https://ift.tt/DdUwp74 - Opsiin

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jalur Neraka, Truk Tambang dan Janji-janji Palsu di Parung Panjang – CNN Indonesia – https://bit.ly/3MYgMhf #Opsiin #Kopiminfo - https://ift.tt/DdUwp74

Share This

Jalur Neraka, Truk Tambang dan Janji-janji Palsu di Parung Panjang – CNN Indonesia November 23, 2023 at 04:45PM

Jalur Neraka, Truk Tambang dan Janji-janji Palsu di Parung Panjang

Jakarta, CNN Indonesia

Radhitya Alvaro mungkin tak pernah menyangka malam pertengahan November lalu menjelma malam yang menakutkan sepanjang hidupnya.

Dia menjadi korban yang lolos dari maut dari tabrakan beruntun di kawasan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada enam kendaraan yang ringsek akibat kecelakaan tersebut. Sopir yang membawa truk malam itu, tewas seketika.

"Sopir itu kelahiran 2004, masih 19 tahun," kata Radhitya. "Saat kecelakaan dia terjepit. Saya ikut membantu evakuasi."

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Radhitya merupakan pemuda asal Parung Panjang. Malam itu, dia beserta keluarganya baru saja pulang ziarah dari Cirebon, Jawa Barat. Dia ingat benar kejadian itu bermula pada jam 23.40 WIB di jalan Mohamad Thoha, saat mobilnya hampir sampai di tikungan yang menanjak.

Imbas kecelakaan malam itu, antrean truk hingga mobil pribadi langsung mengular sampai lewat tengah malam.

Sejumlah pengendara mematikan mesin mobilnya karena terlalu lama menunggu. Sebagian mereka menanti hingga dua jam lebih untuk melintasi jalan Mohamad Thoha hingga Sudamanik di Parung Panjang.

Cerita korban tewas akibat tabrakan bukan hal baru di Parung Panjang. Juga soal truk-truk –sebagian besar bertonase raksasa pengangkut batu andesit dan pasir– yang tak pernah absen melintas di kawasan itu.

Gara-gara mereka pula, jalan jadi rusak dan bikin lubang-lubang besar menganga.

Belum lagi soal sopir di bawah umur ugal-ugalan yang belum bisa dituntaskan hingga hari ini. Musim hujan bahkan lebih horor. Jalanan licin dan lubang jalan yang tertutup genangan bikin pengendara sepeda motor ekstra waspada kalau tak mau celaka.

Masalah yang dihadapi Radhitya juga sama seperti kejadian empat tahun sebelumnya: sopir tembak di bawah umur yang nekat mengemudikan truk hingga 'Transformer'. Nama terakhir adalah sebutan warga lokal bagi truk pengangkut batu dan pasir skala besar.

Pada 2019, anggota Polres Bogor menilang sopir anak berusia 15 tahun saat melewati jalanan Desa Lumpang, Parung Panjang. Saat itu polisi memutuskan untuk menahan truk di kantor Polsek. Aparat mengidentifikasi sopir 'bocil' itu nekat membawa truk akibat putus sekolah dan tak punya aktivitas apa-apa.

Namun, masalah ini juga tak sekadar soal kemacetan dan tetek bengeknya.

Ledakan pembangunan perumahan dan kawasan bisnis di Kabupaten Tangerang hingga Kabupaten Bogor dinilai jadi salah satu pemicu lonjakan kebutuhan material.

Rumahdotcom misalnya, mencatat indeks suplai properti di Kabupaten Tangerang mencapai angka 260,6 pada Kuartal III/2022, naik 12,6 persen dibanding Kuartal II/2022 yakni 231,4.

Sementara untuk Kabupaten Bogor, indeksnya naik sebesar 1,1 persen pada Kuartal IV/ 2022 yakni menjadi 129,8 dari sebelumnya 128,4.

Perumahan baru muncul di sejumlah kawasan macam Sepatan, Cisauk, Cikupa hingga Curug, Sementara di Kabupaten Bogor, pembangunan terbentang dari Cibinong, Cilengsi dan Parung Panjang. Intinya, sepanjang pasokan dan permintaan perumahan meningkat, maka relatif meningkat pula kebutuhan bahan material, macam batu andesit.

"Permintaan terhadap rumah di bawah Rp500 juta masih tinggi," demikian pernyataan Rumahdotcom. "Pengembang percaya diri terhadap daya beli konsumen."

Bupati Bogor terpilih 2018-2023 Ade Yasin sebelumnya mengatakan pihaknya punya solusi jangka pendek dan panjang untuk masalah truk tronton.

Dia mengakui lalu-lalang kendaraan itu bikin banyak masalah, mulai dari macet hingga korban tewas. Selain berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Ade menuturkan, pemerintah kabupaten juga menyiapkan jalur khusus tambang sepanjang 18,5 kilometer.

"Truk tronton satu dari banyak faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Ade seperti dilansir Antara pada Desember 2018. "Bagaimana kalau ada yang mau ke rumah sakit?"

Namun sejak janji Ade pada 2018 hingga peristiwa kecelakaan yang menimpa Radhitya November lalu, jalur khusus tambang tak jua ada.

Infografis Rupa-rupa Masalah di Parung Panjang

Gubernur terpilih 2018-2023 Ridwan Kamil juga awalnya mengatakan hal serupa ketika melantik Ade lima tahun lalu. Dia menuturkan pemerintah kabupaten sudah punya 'kekuasaan penuh' untuk menuntaskan masalah Parung Panjang.

"Kita lihat, nanti setelah dilantik punya full power, untuk menyelesaikan masalah Parung Panjang," kata Ridwan kala itu. "Kebetulan bupatinya baru, saya titipkan dulu."

Pada 2021, Pemerintah Kabupaten Bogor menerbitkan aturan bupati nomor 120 tentang pembatasan waktu operasional truk angkutan barang. Aturan itu menegaskan truk hanya bisa beroperasi pada jam 20.00-05.00 WIB.

Namun, peraturan ini hanya jadi macan kertas.

Truk-truk raksasa itu tetap saja melintasi jalan Mohamad Thoha hingga Sudamanik sejak pagi hingga sore hari. Malam biasanya lebih mengerikan: truk-truk tersebut parkir di kedua sisi jalan hingga mengular puluhan kilometer. Ini yang akhirnya menyebabkan kemacetan berjam-jam di malam hari.

"Kemana para petugas ketika dibutuhkan?" protes salah seorang warga.

"Puluhan ton truk itu sudah bertahun-tahun kok enggak ditindak?" kata Ule Sulaiman, Ketua Parung Panjang Bersatu. "Harus punya integritas dong, jangan bohong melulu."

Peristiwa demi peristiwa pun terjadi silih berganti; truk terjengkang, as roda kendaraan berat yang patah, truk yang terperosok ke sawah, 'Transformer' yang menubruk dinding sekolah serta rumah warga, korban tertabrak, bahkan terlindas hingga tewas.

Simak kerusakan jalan di Parung Panjang pada video berikut:

Lantas, mengapa tambang batu andesit tetap diburu?

Bisa jadi hal ini terkait 'harta karun' yang dimiliki Jabar, khususnya Kabupaten Bogor. Wilayah itu memiliki jumlah cadangan bahan galian tambang bebatuan miliaran ton dan bisa digunakan hingga sekitar 43 tahun mendatang.

Bisa jadi, ini pula yang membuat pengusaha berbondong-bondong ingin mengantongi izin tambang. Dan batuan andesit, memang terkenal sempurna untuk bahan bangunan.

Berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, ada sedikitnya 58 pemegang izin usaha tambang galian bebatuan yang aktif.

"Jumlah cadangan bahan galian tambang batuan mencapai 1,96 miliar ton," demikian data DBMPR. "Untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat."

Celakanya, Ade Yasin dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada April 2022.

Dia akhirnya terbukti bersalah dan dihukum empat tahun penjara karena menyuap pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan Kabupaten Bogor. Tapi nasib Ade yang mendekam di penjara, mungkin lebih jelas dibandingkan janjinya membangun jalur khusus tambang.



from Opsiin – Kopiminfo https://ift.tt/DdUwp74
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages