Pilihan

Kemenkumham Dalami Pengakuan John Kei Terima Telepon dalam Lapas - inews

Kemenkumham Dalami Pengakuan John Kei Terima Telepon dalam Lapas


Kemenkumham Dalami Pengakuan John Kei Terima Telepon dalam Lapas 
Ditjenpas Kemenkumham bakal mendalami pengakuan John Kei yang menerima telepon dari kelompok Nus Kei saat berada di Lapas Salemba. (Foto: iNews)
Irfan Ma'ruf

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bakal mendalami pengakuan John Kei yang menerima telepon dari kelompok Nus Kei meski berada dalam Lapas Salemba. Pengakuan itu sedang ditindaklanjuti.

"Terkait hal ini, pihak Lapas Salemba sedang melakukan pendalaman," kata Koordinator Humas Ditjenpas Kemenkumham, Edward Pagar Alam kepada wartawan, Minggu (19/11/2023). 

Baca Juga

Polisi Periksa John Kei, Kasus Penembakan Anak Buah Nus Kei di Bekasi

Dia mengatakan, Ditjenpas akan menjatuhkan sanksi disipilin apabila John Kei terbukti berkomunikasi dengan kelompok Nus Kei di dalam bui. Adapun, sanksi disiplin sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas/Rutan.

"Apabila terbukti yang bersangkutan akan dikenakan sanksi hukuman disiplin," kata dia.

Baca Juga

Polisi Dalami Peran John Kei di Kasus Penembakan Maut Bekasi

Sebelumnya diberitakan, polisi telah memeriksa John Kei buntut kasus anak buah Nus Kei bernama Gaspar (44) yang tewas ditembak di Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Pemeriksaan dilakukan di Lapas Salemba, Jakarta Pusat.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap John Kei. Yang bersangkutan mengakui dihubungi, namun yang bersangkutan menyatakan bahwa yang bersangkutan melarang, katanya seperti itu," ujar Hengki saat kepada wartawan, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga

11 Tersangka Kasus Penembakan Maut di Bekasi, 6 Anggota John Kei dan 5 Kelompok Nus Kei

Hengki mengatakan, John mengakui menerima telepon, bukan berupa teks. 

"Ya tentunya pegang handphone dong (John Kei di Lapas Salemba), silakan tanya ke sana nanti, bagaimana mestinya bukan ke saya," kata Hengki. 

Baca Juga

Polisi Tetapkan 11 Tersangka Penembakan di Bekasi Libatkan Kelompok John Kei dan Nus Kei

Kepada polisi, John Kei mengaku melarang penyerangan itu saat dihubungi kelompok Nus Kei. Polisi pun akan mendalami kebenaran pengakuan tersebut. 

"Kita sudah periksa menyatakan, 'Ya benar saya dihubungi, namun saya melarang'. Tapi kami tidak percaya begitu saja dan kami akan kejar terus pembuktian-pembuktian apakah ada keterlibatan John Kei di kasus ini," tuturnya.

Baca Juga

Polisi Teliti Senpi di Kasus Penembakan Kelompok John Kei ke Anak Buah Nus Kei di Bekasi

Editor : Rizky Agustian 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek