Pilihan

Mahasiswi ITB Jadi Joki CPNS di Lampung, Polisi: Pelaku Dijanjikan Rp25 Juta - inews

Mahasiswi ITB Jadi Joki CPNS di Lampung, Polisi: Pelaku Dijanjikan Rp25 Juta Joki CPNS kejaksaan yang ditangkap petugas Kejati Lampung, mengaku mahasiswi ITB. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Polisi terus menyelidiki kasus mahasiswi ITB (Institut Teknologi Bandung) berinisial RDS (20) yang menjadi joki tes CPNS Kejaksaan 2023 di Bandarlampung. Hasil penyelidikan sementara, RDS (20) dijanjikan bayaran sebesar Rp25 juta untuk satu kali tes.

"Dari hasil keterangan RDS, dia mengaku dijanjikan mendapatkan bayaran sebesar Rp 25 juta," ungkap 

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, Senin (20/11/2023).

Umi menyebutkan, bayaran tersebut baru akan diterima RDS setelah peserta dinyatakan lulus CPNS Kejaksaan 2023. Sedangkan jika tidak lulus, RDS tidak akan mendapatkan bayaran.

"Dia baru mendapatkan uang tersebut, jika peserta yang dijokikannya ini dinyatakan lulus. Jika tidak lulus, dia tidak mendapatkan bayaran seperti yang dijanjikan sebesar Rp25 juta," ungkap Umi.

Umi menuturkan, penyidik dari Subdit V Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung masih memburu 3 pelaku lainnya yang berperan sebagai pemalsu identitas.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengungkapkan, para pelaku joki merupakan tim yang berjumlah 4 orang.

"Mereka adalah tim sebetulnya. Namun demikian ketika (kasus) ini mencuat, tiga (terduga pelaku) lainnya melarikan diri," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Jumat (17/11).

Umi mengatakan, Polda Lampung telah mengidentifikasi ketiga pelaku yang melarikan diri dan masih dilakukan pengejaran oleh petugas.

Disinggung soal peran masing-masing pelaku, Umi menyebut, terduga pelaku RDS bertindak sebagai eksekutor alias penjoki, sedangkan ketiga rekan lainnya berperan memuluskan dan membantu aksi RDS.

"Ketiga orang terduga menjadi tim dari RDS. Ketiga orang tim dari RDS ini untuk memuluskan kegiatan joki. Jadi yang joki hanya RDS," kata Umi. 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel:


KOMENTAR
News Update
Mahasiswi ITB Jadi Joki CPNS di Lampung, Polisi: Pelaku Dijanjikan Rp25 Juta

Mahasiswi ITB Jadi Joki CPNS di Lampung, Polisi: Pelaku Dijanjikan Rp25 Juta

Senin, 20 November 2023 - 18:47:00 WIB | Lampung

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek