Pilihan

Pemerintah Kirim Bantuan Rp 22 Miliar untuk Gempa Bumi Afganistan - Beritasatu

Pemerintah Kirim Bantuan Rp 22 Miliar untuk Gempa Bumi Afganistan

Rabu, 22 November 2023 | 09:49 WIB
Penulis: Stefani Wijaya | Editor: DIN
Warga Afganistan duduk di dekat reruntuhan rumahnya akibat gempa bumi di distrik Zenda Jan di provinsi Herat, Minggu, 8 Oktober 2023.
Warga Afganistan duduk di dekat reruntuhan rumahnya akibat gempa bumi di distrik Zenda Jan di provinsi Herat, Minggu, 8 Oktober 2023. (AP)

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Indonesia memberikan bantuan dengan bentuk berbagai jenis barang untuk korban gempa bumi di Afganistan senilai Rp 22 miliar.

ADVERTISEMENT

"Jadi bantuan pemerintah yang disiapkan menggunakan dana siap pakai itu Rp 22.104.330.000 ada 17 jenis barang untuk Afganistan," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Suharyanto dalam konferensi pers di Kemenko PMK, Selasa (21/11/2023).

Menurut Suharyanto, bantuan tersebut baru dari pemerintah saja dan mungkin nantinya TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya akan bertambah untuk menyumbang.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Adapun barang-barang yang disiapkan dikirim ke Afganistan hanya barang yang dibutuhkan saat akan memasuki musim dingin dan ada permintaan tidak mengirimkan bahan makanan.

Kemudian ada 17 jenis barang, yaitu tenda pengungsi, tenda keluarga yang besar, genset, velbed, kasur lipat, peralatan kebersihan, selimut, jaket musim dingin, perkakas tukang, pakaian dalam, kantong tidur, penyaringan air bersih, lampu tenaga surya, perlengkapan bertahan hidup, baju gamis, dan juga perlengkapan kebersihan wanita.

"Tadi disampaikan juga dari Kementerian Luar Negeri tentu saja barang-barang ini akan berkembang terus. Kami selalu berkoordinasi dengan Afganistan dengan Kemenlu sehingga apabila ada barang tambahan nanti disiapkan," ucapnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek