Pilihan

Program Makan Gratis Prabowo-Gibran untuk Anak Sekolah Bisa Sejahterakan UMKM - Beritasatu

Program Makan Gratis Prabowo-Gibran untuk Anak Sekolah Bisa Sejahterakan UMKM

Jumat, 24 November 2023 | 23:39 WIB
Penulis: Yustinus Patris Paat | Editor: BW
Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto. (Antara / Sigid Kurniawan)

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu program menarik dari pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, adalah memberi makan siang gratis kepada anak sekolah seluruh Indonesia.

ADVERTISEMENT

Program ini dinilai tidak hanya bisa berdampak positif pada gizi anak, tetapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Anggawira yang menyebutkan program makan gratis bisa menyejahterakan para pelaku UMKM kuliner lokal baik yang berada di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

“Ya, program makan siang gratis untuk anak-anak di sekitar sekolah atau di dalam sekolah dapat memberikan dampak positif pada UMKM lokal. Dengan meningkatnya jumlah anak yang menerima makan siang, kantin atau warung di sekitar sekolah dapat mengalami peningkatan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan UMKM setempat,” ujar Anggawira, kepada wartawan, Jumat (24/11/2023).

Menurut Anggawira, dampak positif juga tidak hanya dialami oleh UMKM yang bergerak pada bidang kuliner. Namun, keuntungan bisa didapat oleh UMKM yang bergerak pada bidang bahan baku makanan untuk program makan siang tersebut.

“Selain itu, ini juga dapat menciptakan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam penyediaan makanan atau bahan baku untuk program makan siang, mendukung pertumbuhan ekonomi di komunitas sekitar sekolah," tandas dia.

Hanya saja, Anggawira memberikan beberapa catatan atas program tersebut, antara lain harus memastikan bahwa UMKM lokal terlibat secara adil dan berkelanjutan dalam pelaksanaan program tersebut. Selain itu, kata dia, implementasi dan pembiayaan program makan siang gratis perlu diperhatikan.

Dia juga berharap program makan siang gratis tersebut bisa mengatasi masalah kekurangan gizi di Indonesia serta mampu memberdayakan UMKM sekitar lingkungan sekolah.

Baca Juga: Dialog Publik di UMS, Prabowo Janjikan Makan Siang dan Susu Gratis untuk Anak-anak dan Ibu Hamil
Calon presiden Prabowo Subianto memaparkan program salah satu unggulannya, makan siang dan susu gratis kepada anak-anak dan ibu hamil dalam dialog publik di Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS).

"Salah satu proyek strategis yang ingin saya jalankan adalah memberikan makan siang dan susu buat semua anak di Indonesia, termasuk ibu-ibu yang sedang hamil, karena dia mengandung 9 bulan," ujar Prabowo saat memaparkan programnya di acara dialog publik di UMS, Jumat (24/11/2023).
 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek