Pilihan

Tradisi Perjodohan di Madura Terjadi Karena Keinginan Keluarga - detik

 

Tradisi Perjodohan di Madura Terjadi Karena Keinginan Keluarga

By Kamaluddin

detik.com

November 3, 2023Ilustrasi pernikahan dini

Sampang –

Video sepasang anak usia belasan tahun di Robatal, Sampang, Madura diviralkan menikah viral di media sosial. Belakangan diketahui video yang beredar ternyata bukan pernikahan melainkan pertunangan.

Lalu apakah tradisi pernikahan atau pertunangan dini tersebut keinginan pribadi anak? Hasani Usman, Budayawan Sampang menjelaskan tradisi tersebut terjadi karena keinginan keluarga.

"Akal bhakal namanya, dalam tradisi Madura itu murni hasil para orang tua dan sesepuh. Kalau terjadi abhakalan bukan hasil para orang tua disebut hasil sendiri (ollenah dhibik)," jelas Hasani kepada detikJatim, Jumat (3/11/2023).

Karena hasrat keluarga untuk mengikat keluarga dan selama ada kecocokan, usia tidak menjadi patokan. Perjodohan ini tidak hanya terjadi di Sampang saja, melainkan di beberapa kabupaten di Madura, bahkan pertunangan bisa dilakukan sejak lahir.

"Di sebagian daerah di Sumenep pedalaman ada yang sudah bertunangan sejak lahir karena sejatinya yang yang ingin menjalin hubungan itu bukan anak, tapi antarkeluarga," ungkap Hasani.

Sebelumnya, viral sebuah video acara pernikahan anak usia 10 tahun viral di media sosial. Pernikahan tersebut diketahui terjadi di Sampang, Madura.

Dalam video yang beredar tampak mempelai perempuan memegang buket uang pecahan Rp 100 ribu. Ia bersanding dengan seorang anak laki-laki mengenakan kopiah, baju putih dan sarung terus menebar senyum. Di video itu disebut anak yang menikah berusia 10 tahun.

Layaknya acara pernikahan pada umumnya, sejumlah tamu juga hadir dan memberikan amplop.

"Momen 2 remaja di Madura melangsung pernikahan muda, si cowok masih 10 tahun dan kabarnya si cewek nanti tinggal di rumah mertuanya," demikian keterangan di video yang beredar.

Ternyata caption pada video tersebut salah. Acara itu adalah acara pertunangan. Anak laki-laki dan perempuan yang bertunangan berusia 14 tahun dan sama-sama pelajar MTs. Pertunangan dilakukan karena mereka saling suka.


Simak Video "Potret Akad Nikah Anak Sandiaga Uno di New York"
[Gambas:Video 20detik]

(abq/iwd)



from Berbagi Informasi – Kopiminfo https://ift.tt/g0mRpaE
via IFTTT

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek