1 WNI Relawan MER-C Dievakuasi dari Gaza, Menlu Retno Ungkap Tantangan yang Dihadapi - inews

1 WNI Relawan MER-C Dievakuasi dari Gaza, Menlu Retno Ungkap Tantangan yang Dihadapi Farid Zanzabil Al Ayubi (2 dari kiri) dievakuasi dari Gaza (Foto: Kemlu RI)

JAKARTA, iNews.id - Satu lagi WNI dievakuasi dari Jalur GazaPalestina, yakni Farid Zanzabil Al Ayubi. Relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) tersebut sudah keluar melalui pintu perbatasan Rafah ke Mesir pada Sabtu (9/12/2023) malam.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, proses evakuasi Farid bukan perkara mudah sebagaimana WNI sebelumnya yang lebih dulu keluar dari Gaza.

"Proses evakuasi Mas Farid memerlukan waktu yang panjang dan proses yang sangat kompleks, terutama untuk memasukkan nama beliau dalam daftar yang diperkenanlan untuk melintas," kata Retno, dalam keterangan yang dirilis Kemlu RI.

Retno menjelaskan, bahkan selama berlangsungnya jeda kemanusiaan selama sepekan yang berakhir pada 1 Desember lalu, perbatasan Rafah juga tak selalu dibuka untuk arus keluar.

"Karena prioritas diberikan bagi arus masuk bantuan kemanusiaan," ujar Retno.

Namun setelah melalui proses tersebut, Farid bisa keluar melalui Rafah pada Sabtu malam kemudian dijemput oleh tim evakuasi KBRI Kairo. Selanjutnya Farid akan dibawa ke Kairo untuk difasilitasi kepulangannya ke Tanah Air.

Dengan keluarnya Farid, lanjut Retno, masih ada dua WNI lagi yang berada di Gaza. Keduanya juga merupakan relawan MER-C.

"Dengan berhasil dievakuasinya Mas Farid maka masih terdapat 2 WNI relawan MER-C yang dengan kemauan sendiri tetap memilih untuk tinggal di Gaza. Saat ini mereka dalam keadaan sehat, selamat, berada di Gaza Selatan di sebuah sekolah dekat RS Eropa. Kami akan terus menjalin komunikasi dan memantau keadaan mereka," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar