135 Etnis Rohingya Kembali Mendarat di Aceh - Beritasatu

135 Etnis Rohingya Kembali Mendarat di Aceh

Minggu, 10 Desember 2023 | 17:12 WIB
Penulis: Taufik Kelana | Editor: DIN
URL berhasil di salin.
Sebanyak 135 etnis Rohingya kembali mendarat di Blang Ulam, Desa Lamreh, Aceh Besar, Minggu, 10 Desember 2023, pukul 03.00 WIB.
Sebanyak 135 etnis Rohingya kembali mendarat di Blang Ulam, Desa Lamreh, Aceh Besar, Minggu, 10 Desember 2023, pukul 03.00 WIB. (Beritasatu.com/Taufik Kelana)

Aceh Besar, Beritasatu.com - Sebanyak 135 etnis Rohingya kembali mendarat di Blang Ulam, Desa Lamreh, Aceh Besar, Minggu (10/12/2023) pukul 03.00 WIB. Saat ini mereka sedang menunggu penanganan resmi dari pihak UNHCR Indonesia.

ADVERTISEMENT

Para pencari suaka ini tengah dikumpulkan di sekitar pesisir pantai dan sudah diberi tanda dengan garis polisi. Tampak sebagian dari para lelaki Rohingya berbaring di tanah dengan alas ransel untuk menopang kepala mereka. Lokasi pendaratan Rohingya ini dijaga ketat oleh pihak kepolisian. Namun terlihat juga masyarakat desa di sekitar lokasi ini.

Sejak mendarat di Aceh, para etnis Rohingya yang didominasi oleh perempuan dan anak-anak ini masih menunggu bantuan dan penanganan dari pihak berwenang. Sementara itu, belum ada bantuan makanan atau minuman yang diberikan oleh masyarakat.

ADVERTISEMENT

Nabhawi, tokoh masyarakat Blang Ulam menegaskan tidak mau menampung enis Rohingya tersebut. Baginya, ekonomi masyarakat desa saat ini sedang turun sehingga tidak memungkinkan untuk membantu para manusia perahu itu.

Saat ini pihak UNHCR tengah melakukan pendataan ulang bagi para pengungsi ini. Untuk tindakan lebih lanjut, mereka akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

Baca Juga

Komentar