Pilihan

7 Sayuran yang Bagus untuk Paru-paru - Beritasatu

7 Sayuran yang Bagus untuk Paru-paru

Minggu, 10 Desember 2023 | 09:02 WIB
Penulis: Ridho Hatmanto | Editor: ADP
Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Diet Karbohidrat
Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Diet Karbohidrat (Pexels)

Jakarta, Beritasatu.com - Kesehatan paru-paru harus dijaga agar tubuh tetap prima. Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan pola makan sehat dengan rutin mengonsumsi sayuran.

ADVERTISEMENT

Berbagai jenis sayuran mengandung nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut berfungsi menjaga dan membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain itu, menjaga pola makan seimbang dan berolahraga secara teratur dapat menjaga fungsi paru-paru. 

Berikut ini sayuran yang baik untuk kesehatan paru-paru. 

ADVERTISEMENT

1. Sayuran hijau
Pakcoi, bayam, dan kangkung kaya akan karotenoid, zat besi, potasium, kalsium, dan vitamin. Nutrisi ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. 

2. Bit
Bit mengandung senyawa nitrat yang terbukti bermanfaat bagi fungsi paru-paru dengan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. 

3. Tomat
Tomat adalah salah satu sumber nabati terkaya likopen, karotenoid yang baik untuk menjaga fungsi paru-paru. Mengonsumsi tomat mampu mengatasi peradangan saluran napas.

4. Labu kuning
Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Labu kunung juga kaya karotenoid, antara lain betakaroten, lutein dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

5. Kunyit
Tanaman rempah ini memiliki curcumin sebagai antioksidan yang bekerja aktif untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Tidak hanya itu, kunyit dipercaya dapat menghambat terjadinya peradangan termasuk saluran napas.

6. Edamame
Kandungan genistein pada edamame bisa membantu meningkatkan fungsi organ paru-paru, terutama pada pasien dengan penyakit pernapasan seperti asma.

7. Jamur
Jamur jenis chaga dan reishi telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek