Pilihan

Aprindo Minta TikTok Shop Gandeng UMKM Jika Beroperasi Kembali di Indonesia - Beritasatu

Aprindo Minta TikTok Shop Gandeng UMKM Jika Beroperasi Kembali di Indonesia

Jumat, 1 Desember 2023 | 22:19 WIB
Penulis: Monique Handa Shafira | Editor: WDP
Ilustrasi TikTok Shop.
Ilustrasi TikTok Shop. (Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey meminta TikTok Shop harus menggandeng usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jika dipastikan akan kembali buka di Indonesia.

ADVERTISEMENT

“Harus ada komitmen untuk menjaga UMKM karena sedang diupayakan untuk naik kelas,” kata Roy kepada Beritasatu.com, Jumat (1/12/2023).

BACA JUGA

Roy berharap, harga produk yang nantinya akan dijual di TikTok Shop tidak bersaing jauh dengan UMKM. Jika tidak, maka hal ini akan memicu persaingan.

ADVERTISEMENT

“Produknya mungkin justru diambil dari UMKM, tetapi praktik-praktik yang lalu para UMKM kita tergerus karena adanya produk yang bagus baik di Indonesia maupun di luar dan balik lagi di Indonesia tetapi harganya jauh lebih baik ini perlu dihindari,” ujarnya.

BACA JUGA

Selain itu, Roy berharap pemerintah dapat membuka pabrik untuk memfasilitasi produk tertentu agar investor bisa berinvestasi.

“Kita berharap agar proses investasi masuk. Produksi yang sifatnya melakukan pembukaan pabrik atas barang-barang tertentu sehingga difasilitasi oleh pemerintah supaya mereka bisa berinvestasi. Tidak hanya di sosial media tetapi juga dari sektor-sektor yang lebih nyata,” tutupnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek