Pilihan

Beredar Foto Anies Baswedan di Soal Ujian SMK di Lamongan - CNN Indonesia

 

Beredar Foto Anies Baswedan di Soal Ujian SMK di Lamongan


CNN Indonesia
Jumat, 15 Des 2023 19:10 WIB
Naskah ujian siswa SMK di Lamongan tengah jadi sorotan, karena memuat foto calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan.
Ada foto Anies Baswedan di soal ujian SMK di Lamongan Jawa Timur. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Naskah ujian siswa SMK di Lamongan, Jawa Timur tengah jadi sorotan, karena memuat foto calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Terdapat pula sejumlah pertanyaan perihal Anies yang tertulis.

Soal ujian itu diketahui merupakan materi ujian untuk kelas XI di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lamongan, Jawa Timur. Di bagian atas terdapat foto wajah Anies. Di bawahnya terdapat tiga pertanyaan Berbahasa Inggris.

"He is Anies Rasyid Baswedan, he born in Kuningan west Java, he was born in academic families (dia adalah Anies Rasyid Baswedan, dia lahir di Kuningan Jawa Barat, dia lahir dari keluarga akademik)," seperti tertulis pada pertanyaan nomor 21.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikonfirmasi terkait soal ujian ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Lamongan, Jawa Timur Hidayat Rachman pun membenarkan temuan soal itu.

Pihaknya pun telah menginstruksikan untuk menarik seluruh naskah ujian yang telah beredar. Hidayat juga meminta agar Kepala Sekolah lembaga pendidikan di tingkat SMA/ SMK tidak melakukan hal yang serupa.

"Iya benar. Saya pikir semua harus tegak lurus dengan aturan itu, semoga kejadian ini menjadi pelajaran dan koreksi bagi lembaga pendidikan yang lain supaya hal ini tidak terjadi lagi," kata Hidayat, Jumat (15/12).

Karena kata Hidayat, sebagaimana dalam aturan, ASN di lembaga pendidikan di bawah Cabang Dinas Lamongan haruslah netral.

Bawaslu buka suara

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lamongan Tony Wijaya mengatakan pihaknya telah memeriksa dua orang dalam perkara ini, yakni Kepala Sekolah dan petugas tata usaha (TU).

Hasil pemeriksaan itu menyebutkan soal ujian yang memuat foto dan pertanyaan Anies itu memang dibuat oleh guru mata pelajaran Bahasa Inggris berinisial MU.

"Hasil dari pleno Bawaslu sudah menyimpulkan jika tidak ditemukan dugaan pelanggaran Pemilu. Hasil kesimpulan dan analisa Bawaslu atas beredarnya foto Capres di naskah ujian itu disebutkan dalam keterangan resmi," pungkasnya. 

(frd/DAL)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek