Diresmikan Jokowi, Pasar Induk Among Tani Jadi Ikon Wisata Baru Kota Batu - Beritasatu

 

Diresmikan Jokowi, Pasar Induk Among Tani Jadi Ikon Wisata Baru Kota Batu

Kamis, 14 Desember 2023 | 12:12 WIB
Penulis: Antara | Editor: BW
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (dua kanan) dengan didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seusai meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis 14 Desember 2023.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (dua kanan) dengan didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seusai meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis 14 Desember 2023. (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Kota Batu, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Induk Among Tani di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Pasar itu kini jadi ikon wisata baru Kota Batu.

ADVERTISEMENT

Jokowi tiba di Pasar Induk Among Tani pada pukul 08.50 WIB. Ia disambut ribuan warga yang menanti kehadirannya. Jokowi lalu menyapa para warga dan menyempatkan untuk berfoto bersama.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Kemudian, Jokowi mendapatkan penjelasan detail mengenai bangunan Pasar Induk Among Tani Batu. Setelah itu, dia berkeliling di pasar yang memiliki tiga lantai dan merupakan salah satu ikon wisata baru di Kota Batu tersebut.

ADVERTISEMENT

"Dengan mengucap bismillahirrohmannirrohim, pada pagi ini, saya resmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu di Provinsi Jawa Timur," kata Jokowi.

Jokowi menandatangani prasasti peresmian Pasar Induk Among Tani Kota Batu.

Pasar Induk Among Tani Kota Batu dibangun dengan pendanaan dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Anggarannya mencapai Rp 166 miliar. Pasar ini mulai beroperasi sejak 2 Oktober 2023.

Pasar Induk Kota Batu dibangun dengan konsep tiga lantai, yakni lantai pertama merupakan area basah seluas 14.990,62 meter persegi dan lantai kedua merupakan area kering seluas 14.143,63 meter persegi.

Kemudian lantai ketiga disiapkan untuk tempat kuliner dan kantor dengan luas 6.032,86 meter persegi.

BACA JUGA

Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektare tersebut juga memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang ramah lingkungan.

Pasar Induk Among Tani mulai dibangun pada 2021. Daya tampung untuk sekitar 2.630 pelaku usaha atau pedagang. Kini pasar tersebut memiliki 1.716 kios dan 914 los.

Baca Juga

Komentar