Pilihan

ICW: Firli Bahuri Pengecut - Medcom

 

ICW: Firli Bahuri Pengecut

Candra Yuri Nuralam - 22 Desember 2023 06:55 WIB
ICW: Firli Bahuri Pengecut
Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri. Foto: Medcom.id/Candra.
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai Firli Bahuri pengecut. Hal itu disampaikan karena memilih mundur dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Cara-cara semacam ini kian menunjukkan bahwa Firli penakut dan ingin lari dari pertanggungjawaban etik di KPK,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Desember 2023.

Dia menyampaikan Firli meniru jejak mantan Komisioner Lembaga Antirasuah Lili Pintauli Siregar. Pengunduran diri dilakukan untuk menghindari persidangan etik.

“Kami menduga Firli ingin meniru cara Lili Pintauli Siregar dengan cara mengundurkan diri sebagai Pimpinan KPK agar kemudian proses etik dihentikan,” ungkap dia. 
 

Firli Bahuri mengundurkan diri dari jabatannya. Kemauan itu diklaim sudah dipaparkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Saya mengakhiri tugas saya sebagai ketua KPK, dan saya menyatakan berhenti dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan memperpanjang masa jabatan saya,” kata Firli di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Firli turutan menyambangi Dewas untuk mengabarkan pengunduran diri tersebut. Dia bertemu dengan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Namun, Firli tidak memerinci isi pembicaraannya dengan Tumpak. Tapi, dia sengaja datang setelah persidangan etik kelar.


Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABK)
  • Share on Whatsapp
  • Share on Line
  • Share on Twitter
  • Share on Facebook

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek