Pilihan

Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Disambut Ratapan Suku Sentani - Beritasatu

Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Disambut Ratapan Suku Sentani


Kamis, 28 Desember 2023 | 14:50 WIB
Penulis: Thomas Rizal | Editor: RZL
Masyarakat Adat Suku Sentani dan seluruh masyarakat Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua melakukan prosesi tangisan meratap (hela-hili) melepas jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, di depan gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia di Kampung Harapan, Kamis, 28 Desember 2023.
Masyarakat Adat Suku Sentani dan seluruh masyarakat Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua melakukan prosesi tangisan meratap (hela-hili) melepas jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, di depan gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia di Kampung Harapan, Kamis, 28 Desember 2023. (Antara/Agustina Estevani Janggo)

Jayapura, Beritasatu.com - Iring-iringan jenazah mantan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua pada Kamis (28/12/2023) disambut dengan hela-hili atau nyanyian ratapan oleh masyarakat Suku Sentani.

ADVERTISEMENT

Tokoh Adat Sentani, Dantje Nere, menyatakan kepergian Lukas Enembe menjadi kehilangan besar masyarakat adat yang juga sebagai warga jemaat GKI Filadelfia Kampung Harapan.

BERITASATU WA CHANNEL

"Kami berdiri di depan gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia Kampung Harapan, yang merupakan buah karya mendiang," kata Dantje, Kamis (28/12/2023) dikutip dari Antara 

ADVERTISEMENT

Hela-hili menjadi ungkapan kesedihan terdalam, menandai perpisahan dengan tokoh pemimpin tertinggi. Seluruh masyarakat adat telah menantikan kedatangan jenazah Lukas Enembe dengan bunga-bunga.

"Selamat jalan Bapak Lukas Enembe kami masyarakat Suku Sentani sangat mengasihi dan bangga," tambah Dantje.

Ketua Dewan Adat Suku Sentani, Orgenes Kaway, menambahkan bahwa kedatangan jenazah ini sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Papua di wilayah adat Sentani. Ia mengeklaim, Lukas Enembe sebagai putra terbaik Papua.

BACA JUGA

"Lukas Enembe memberikan kontribusi besar pada pembangunan di tanah ini," ungkapnya.

Rencananya, Lukas Enembe akan dimakamkan pada sore hari di Koya Tengah, Jayapura.


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek