Pilihan

Israel vs Houthi Memanas, AS Cegat 4 Rudal dari Yaman ke Laut Merah - CNN Indonesia

2023-12-24T11:29:28+07:00
CNN Indonesia

Israel vs Houthi Memanas, AS Cegat 4 Rudal dari Yaman ke Laut Merah

CNN Indonesia
Minggu, 24 Des 2023 11:29 WIB
CENTCOM AS mencegat empat rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai milisi Houthi ke jalur pelayaran komersial di Laut Merah.
Momen infiltrasi milisi Houthi bajak kapal kargo Israel di Laut Merah. (REUTERS/HOUTHI MILITARY MEDIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komando Pusat Militer Amerika Serikat (CENTCOM) mencegat empat rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai milisi Houthi ke jalur pelayaran internasional di Laut Merah bagian selatan pada Minggu (24/12).

"Kapal perang AS menembak jatuh empat drone yang masuk ke USS LABOON," tulis CENTCOM di X.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

CENTCOM melaporkan tidak ada korban dalam insiden itu.

Komando AS itu juga melaporkan serangan terhadap dua kapal di Laut Merah. Kedua kapal itu berbendera Norwegia dan berbendera India.

Dikutip Al Jazeera, serangan ini menambah panjang daftar serangan Houthi terhadap kapal komersial menjadi total 15 insiden sejak agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina berlangsung 7 Oktober lalu.

Houthi memang salah satu milisi di Timur Tengah yang ikut-ikutan mengeroyok Israel sejak melancarkan agresi brutalnya ke Palestina, terutama Jalur Gaza.

Kelompok milisi Houthi telah melancarkan puluhan serangan drone dan rudal terhadap kapal-kapal yang melintas di Laut Merah. Serangan utamanya dilakukan terhadap kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel.

Aksi tersebut dianggap sebagai bentuk dukungan Houthi terhadap rakyat Palestina yang dibombardir Israel.

Sebelum agresi Israel ke Palestina, Houthi memang kerap menyerang wilayah tersebut. Namun, gempuran baru-baru ini membuat pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan sekutu dekatnya, AS ketar-ketir.

Akibat penyerangan kapal komersial yang makin sering, AS bahkan sampai membentuk koalisi 10 negara di Laut Merah untuk mencegah serangan lanjutan dari Houthi.

(rds)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek