Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Jelang Nataru Masyarakat di Medan Pilih Pesan Tiket Kreta Api dan Mudik Lebih Awal - Beritasatu

 

Jelang Nataru Masyarakat di Medan Pilih Pesan Tiket Kreta Api dan Mudik Lebih Awal


Selasa, 19 Desember 2023 | 05:55 WIB
Penulis: Panji Satrio | Editor: NF
Ilustrasi penumpang kereta api di stasiun, mereka akan melakukan perjalanan mudik hingga liburan.
Ilustrasi penumpang kereta api di stasiun, mereka akan melakukan perjalanan mudik hingga liburan. (Humas KAI/Istimewa)

Medan, Beritasatu.com - Jelang memasuki libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024 (Nataru), sejumlah warga di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai membeli tiket dan memilih mudik lebih awal menggunakan Kereta Api (KA) pada Senin (18/12/2023). Hal tersebut untuk mengantisipasi kehabisan tiket, serta kepadatan di Stasiun Kereta Api Medan.

ADVERTISEMENT

Pantauan Beritasatu.com di Stasiun Kereta Api Medan, sejumlah pemudik mulai berdatangan ke stasiun untuk membeli tiket dan mudik lebih awal meski libur Nataru baru dimulai pada pekan depan. 

BERITASATU WA CHANNEL

Tingginya minat masyarakat yang ingin melakukan mudik di libur Natal dan Tahun baru 2024 ini, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Drive I Sumatera Utara telah menyiapkan sebanyak 141.000 tiket berbagai tujuan dalam provinsi di Sumatera Utara. Sementara itu, sampai dengan Senin (18/12/2023), tiket kereta api yang telah terjual sudah mencapai sekitar 37.400 tiket. 

ADVERTISEMENT

Kemudian, guna mengantisipasi lonjakan menjelang Natal pihak KAI Drive I Sumatera Utara menambah satu kereta api tambahan, yaitu Sribilah Utama Fakultatif dengan tujuan Medan - Rantau Prapat. 

"Sampai dengan hari ini, tiket yang terjual sekitar 37.400 tiket atau mencapai 26 persen. Untuk tujuan yang favorit masyarakat itu di stasiun Tanjung Balai dan stasiun Rantau Prapat. Untuk tanggal favorit itu terjadi pada tanggal 23 Desember 2023, dengan 70 persen tiket yang sudah terjual, " kata Manager Humas PT KAI Drive I Sumatera Utara, Anwar Solikhin, Senin (18/12/2023). 

Terkait dengan antisipasi penyebaran Covid-19, pihak KAI Drive I Sumatera Utara masih mengikuti terapan surat edaran dari Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19 sejak 12 Juni 2023 lalu.

Nantinya para pelanggan kereta api jarak jauh dan kereta api lokal diperbolehkan tidak menggunakan masker, apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. 

Akan tetapi, pihak KAI menyarankan kepada para penumpang kereta yang dalam kondisi tidak sehat agar menggunakan masker, sekaligus untuk menjaga kenyamanan para penumpang kereta lainnya. 

BACA JUGA

"PT KAI sampai dengan saat ini telah mengikuti surat edaran Mentri Perhubungan nomor 17 tahun 2023, yang mana para penumpang kereta api tidak diwajibkan menggunakan masker para penumpang yang dalam kondisi sehat," jelas Anwar. 

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan dan merencanakan liburan tahun baru yang menggunakan perjalanan kereta api, agar segera melakukan pemesanan. Pihaknya juga berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman. 

Sementara itu, salah satu calon pemudik asal Kota Medan dengan tujuan Aek Knopan, Martua Limbong mengatakan, bahwa dirinya bersama keluarga lebih memilih melakukan perjalanan lebih awal demi menghindari kepadatan dan kehabisan tiket kereta. 

"Tadi kita beli tiket untuk mudik tujuan Aek Knopan. Kalau tiket memang lebih awal kita pesan via online, jauh-jauh hari sudah kita pesan karena takut kehabisan. Kami lebih awal mudik biar enggak padat nanti, " kata Martua, Senin (18/12/2023). 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek