Pilihan

Kemlu Siapkan Rencana Evakuasi WNI di Lebanon jika Konflik Memburuk - CNN Indonesia

 

Kemlu Siapkan Rencana Evakuasi WNI di Lebanon jika Konflik Memburuk

CNN Indonesia
Rabu, 27 Des 2023 16:53 WIB
Kementerian Luar Negeri RI menyiapkan rencana evakuasi bagi warga negara Indonesia di Lebanon apabila konflik Israel-Lebanon memburuk.
Menlu RI Retno Marsudi ungkap rencanakan evakuasi WNI jika konflik di Lebanon memburuk. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Luar Negeri RI menyiapkan rencana evakuasi bagi warga negara Indonesia (WNI) di Lebanon apabila konflik Israel-Lebanon memburuk.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan persiapan itu dilakukan karena mempertimbangkan jumlah WNI di negara tersebut yang cukup banyak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena dari sisi jumlah warga negara Indonesia dibanding dengan Gaza, di Lebanon jumlah WNI lebih banyak sekitar 217 WNI sehingga perlu perencanaan yang matang, dan Pak Judha (Direktur Perlindungan WNI Kemlu) sudah punya exit strategi jika situasi memburuk," kata Retno dalam temu media di Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Konflik Lebanon-Israel sendiri merupakan perluasan dari perang Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Palestina, imbas serbuan Hamas ke sejumlah kota Israel 7 Oktober lalu.

Retno pun berujar Kemlu tidak cuma melihat perkembangan situasi di Gaza, tetapi juga di negara-negara lain yang ikut terdampak konflik menahun tersebut.

Lebih lanjut, Retno menuturkan pasukan penjaga perdamaian Indonesia di Lebanon saat ini juga masih tetap berada di negara itu sesuai dengan mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Belum ada imbauan penarikan pasukan oleh PBB imbas konflik yang memanas di Lebanon selatan.

"Yang akan mengevaluasi atau adjustment mandat semuanya dari PBB, sejauh ini tidak ada perubahan mandat dari PBB terhadap pasukan di Lebanon. Kita terus meng-engage pasukan-pasukan kita di Lebanon melalui duta besar kita di Lebanon," ucap Retno.

Konflik di Lebanon selatan belakangan kian membara setelah Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan sedang melakukan serangan "skala besar" terhadap milisi Hizbullah di Lebanon pada Minggu (24/12).

Serangan itu dilancarkan usai serentetan jet tempur dari Lebanon menyasar beberapa komunitas di Israel utara.

Beberapa jet Israel pun menghantam bangunan militer dan infrastruktur lainnya milik Hizbullah sebagai balasan.

Dilansir dari The Times of Israel, sejak Oktober, sejumlah komunitas Zionis di dekat perbatasan Lebanon telah dievakuasi guna menghindari eskalasi konflik.

(blq/bac)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek