Pilihan

Kodim Boyolali Tegaskan Tak Ada Unsur Politis di Kasus Penganiayaan terhadap Relawan Ganjar-Mahfud - Tempo

Kodim Boyolali Tegaskan Tak Ada Unsur Politis di Kasus Penganiayaan terhadap Relawan Ganjar-Mahfud

Reporter

Minggu, 31 Desember 2023 11:31 WIB

  • Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo (kiri) menunjukkan buku pedoman netralitas TNI. Ia menegaskan tidak ada unsur politis dalam kasus penganiayaan yang diduga dilakukan oleh beberapa anggota TNI Yonif 408/Sbh terhadap warga yang diduga simpatisan atau relawan Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kabupaten Boyolali. Foto diambil di Makodim Boyolali, Ahad, 31 Desember 2023. TEMPO/SEPTHIA RYANTHIEBagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COBoyolali - Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo menegaskan tidak ada unsur politis dalam kasus penganiayaan yang diduga dilakukan oleh beberapa anggota TNI Yonif 408/Sbh terhadap relawan Paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD di Kabupaten Boyolali. 

Iklan

"Berdasarkan info sementara, peristiwa terjadi secara spontanitas karena adanya kesalahpahaman kedua belah pihak," ungkap Wiweko saat menggelar konferensi pers di Makodim Boyolali, Jawa Tengah, Ahad, 31 Desember 2023. 

Baca Juga:

Ia memastikan sampai dengan saat ini TNI tetap menjunjung tinggi dan memegang teguh komitmen netralitas TNI terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) sebagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang (UU). 

Whats-App-Image-2023-12-26-at-14-37-05

"Saya memegang buku pedoman netralitas TNI yang juga dipegang oleh seluruh prajurit TNI, khususnya TNI Angkatan Darat, sebagai pedoman bahwa kita tetap netral. Ini adalah buku pedoman kita dan sesuai dengan perintah Panglima TNI, perintah Kasad sudah jelas, netralitas TNI adalah harga mati," ucap dia. 

Belum ada tersangka

Soal kasus penganiayaan tersebut, Wiweko mengatakan saat ini masih ditangani jajaran polisi militer di Denpom IV/4 Surakarta. Ia menyebut hingga kini sudah ada 15 anggota TNI Yonif 408/Sbh yang diperiksa. Namun sejauh ini belum ada penetapan tersangka. 

Baca Juga:

“Berapa orang yang ditetapkan tersangka akan dikonfirmasikan langsung pada Denpom IV/4 Surakarta. Saat ini proses hukum masih berlanjut,” katanya.

Namun ia menegaskan TNI angkatan darat akan mengambil tindakan secara profesional terhadap para anggotanya jika nantinya terbukti dan ditetapkan sebagai tersangka. Pihaknya juga menyayangkan dan menyesalkan adanya tidak kekerasan yang dilakukan oleh anggota TNI. 

Di sisi lain, ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi adanya berita-berita yang tidak benar (hoaks) yang beredar di masyarakat. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi manakala ada berita hoaxs dengan tujuan memecah belah hubungan TNI dan masyarakat yang sudah terjalin baik," ucap dia. 

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak membuat statemen atau opini di luar fakta sehingga dapat mengganggu harmonisasi khususnya di Kabupaten Boyolali. 

"Kami berkomitmen, marilah kita sama-sama menjaga pemilu damai sebagaimana yang sudah kita gaungkan bersama-sama sampai dengan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024," katanya. 

Komandan Batalyon Infanteri Raider 408/SBH Kompi Senapan B Boyolali l Letkol Inf Slamet Hardianto menegaskan biaya perawatan para korban penganiayaan itu telah ditanggung sepenuhnya oleh pihaknya.

"Seluruh biaya ditanggung sepenuhnya oleh kami. Termasuk yang rawat jalan," terangnya. 

SEPTHIA RYANTHIE

LAPORAN UTAMA

LAPORAN NASIONAL

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Penganiayaan terhadap Relawan Ganjar-Mahfud, Ini Kronologi Kejadian Versi TNI

33 menit lalu

Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan ihwal kasus penganiayaan yang diduga dilakukan sejumlah anggota TNI terhadap simpatisan atau relawan Paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Ahad, 31 Desember 2023.TEMPO/SEPTHIA RYANTHIE

Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Wiwoho mengungkapkan kronologi kasus penganiayaan terhadap relawan Ganjar-Mahfud MD.

TNI akan Beri Sanksi Prajurit Terduga Pelaku Penganiayaan Relawan Ganjar-Mahfud

44 menit lalu

Ilustrasi penganiayaan

TNI memastikan pihaknya akan memberikan sanksi kepada terduga pelaku penganiayaan relawan Ganjar-Mahfud.

Prabowo Kampanye di Cilincing: Makan Besar hingga Berjoget

1 jam lalu

Calon presiden nomor urut 3 Prabowo Subianto saat kampanye di Cilincing, Jakarta Utara, pada Sabtu, 30 Desember 2023. Foto Dokumentasi Tim Media Prabowo

Prabowo hadir di tengah masyarakat Kampung Rawa Malang, Semper Timur, Cilincing, dalam acara Masak Besar bareng youtuber chef Bobon Santoso.

Kampanye di Penghujung Tahun: Anies di Yogyakarta, Cak Imin di Jatim

2 jam lalu

Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) mengumumkan sejumlah nama baru anggota Timnas AMIN di Jakarta,  Selasa, 21 November 2023. Timnas AMIN menambah sejumlah posisi dalam jajaran Timnas, mulai dari Dewan Pembina, Pelatih, Dewan Pertimbangan, Dewan Penasehat, Deputi Dewan Pakar, serta Tim Kampanye Daerah yang diisi oleh sejumlah tokoh politik, kyai dan aktivis yang semuanya mencapai 700 orang. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Di penghujung tahun 2023, Anies melakukan kampanye di Yogyakarta. Adapun Cak Imin berkampanye di Kota Batu, Jawa Timur.

PWNU DKI Bicara Warna NU di AMIN dan GAMA, Bagaimana di Prabowo-Gibran?

3 jam lalu

Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta menggelar Muhasabah Akhir Tahun PWNU DKI Jakarta di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu, 30 Desember 2023. TEMPO/Aisyah Amira Wakang

PWNU DKI Jakarta tidak melarang hak politik anggota, tapi dilarang membawa organisasi dalam menyatakan dukungan di Pilpres 2024

Kasus Penganiayaan terhadap Relawan Ganjar-Mahfud, Kodim Boyolali Bantah Ada Korban Meninggal

3 jam lalu

Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan ihwal kasus penganiayaan yang diduga dilakukan sejumlah anggota TNI terhadap simpatisan atau relawan Paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Ahad, 31 Desember 2023. TEMPO/SEPTHIA RYANTHIE

Komandan Kodim Boyolali membantah ada korban tewas dalam kasus penganiayaan terhadap relawan Ganjar-Mahfud

PWNU DKI Imbau Nahdliyin Bantu TNI-Polri Jaga Keamanan Pemilu 2024

3 jam lalu

Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta menggelar Muhasabah Akhir Tahun PWNU DKI Jakarta di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu, 30 Desember 2023. TEMPO/Aisyah Amira Wakang

Ketua Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta Muhyiddin Ishaq imbau anggotanya bantu TNI, Polri.

Hasto Sebut Kubu Lain Lakukan Politik Pecah Belah dan Politik Uang

4 jam lalu

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi ihwal perkembangan dinamika politik terkini, di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis, 2 November 2023. TEMPO/Tika Ayu

Hasto menyindir kubu lain sedang mencoba melakukan skenario politik untuk memecah belah.

Ganjar Tunggu Tindakan dari Bawaslu dalam Dugaan Pelanggaran Pemilu oleh Gus Miftah

5 jam lalu

Calon presiden Indonesia nomor urut 3, Ganjar Pranowo meninggalkan lokasi usai hadir dalam acara Konsolidasi Nasional 45 Hari Menunu Kemenangan di Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Desember 2023. Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dan relawan serta partai politik melakukan konsolidasi memantaptapkan strategi menyongsong Tahun Baru 2024 dan pemilihan umum 2024 yang menyisakan 45 hari masa kampanye. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Ganjar Pranowo menunggu tindakan dari Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan Miftah Maulana Habiburrohman atau Gus Miftah.

TPN Ganjar-Mahfud Sebut Sedang Dalami Laporan Pelanggaran Aparat dalam Pemilu 2024

6 jam lalu

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud Andika Perkasa memberikan keterangan kepada wartawan di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng Jakarta Pusat, Senin, 12 November 2023.  Tempo/ Adil Al Hasan

TPN Ganjar-Mahfud terus melakukan pendataan terhadap laporan atas dugaan pelanggaran aparat penegak hukum dalam Pemilu 2024.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek