Pilihan

Yunani Terapkan Sistem Kerja 6 Hari dalam Seminggu Halaman all - Kompas

Lawan Veto AS, Mesir Pakai Resolusi 377 Desak PBB Rapat soal Gaza Lagi - CNN Indonesia

Lawan Veto AS, Mesir Pakai Resolusi 377 Desak PBB Rapat soal Gaza Lagi


CNN Indonesia
Senin, 11 Des 2023 22:10 WIB
Majelis Umum PBB akan menggelar rapat darurat soal situasi di Jalur Gaza Palestina Selasa (12/12) sebagai respons atas veto AS yang gagalkan resolusi DK PBB.
Majelis Umum PBB akan menggelar rapat darurat soal situasi di Jalur Gaza Palestina sebagai respons atas veto AS yang gagalkan resolusi DK PBB. (AP/Bebeto Matthews)
Jakarta, CNN Indonesia --

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan menggelar rapat darurat terkait situasi di Jalur Gaza Palestina pada Selasa (12/12).

Rapat darurat ini merupakan respons atas kegagalan Dewan Keamanan mengadopsi resolusi gencatan senjata imbas veto Amerika Serikat pada Jumat pekan lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rapat darurat Majelis Umum PBB ini digelar setelah Mesir dan Mauritania memanfaatkan resolusi UNGA (United Nations General Assembly) 377 yang dikenal sebagai "Resolusi Bersatu untuk Perdamaian".

Dalam surat yang dibagikan oleh presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis pada Senin (11/12), perwakilan Mesir dan Mauritania menyerukan pertemuan darurat khusus Majelis Umum PBB "dalam kapasitas masing-masing sebagai Ketua Kelompok Negara Arab dan Kelompok Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)."

Dalam suratnya, Mesir dan Mauritania menganggap resolusi UNGA 377 perlu digunakan agar Majelis Umum dapat bersidang dan membuat rekomendasi ketika DK PBB "gagal menjalankan tanggung jawab utamanya untuk bertindak sebagaimana diperlukan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Banner artikel Ceasefirenow


"Dengan tidak adanya gencatan senjata dan mengingat pelanggaran berat yang sedang berlangsung terhadap hukum internasional, termasuk hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia, dan pelanggaran terhadap resolusi PBB yang relevan... situasi di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, khususnya di Jalur Gaza, kondisinya terus memburuk secara dramatis," bunyi surat bersama Majelis Umum PBB tersebut seperti dikutip CNN.

Francis mengatakan rapat darurat ini diperkirakan akan berlangsung sekitar pukul 15.00 waktu New York, Amerika Serikat.

Agresi brutal Israel ke Jalur Gaza semakin membabi buta sejak gencatan senjata berakhir akhir November lalu. Korban tewas akibat agresi Israel ke Palestina sejak 7 Oktober lalu telah tembus 18 ribu orang, termasuk 7.800 anak-anak dan 5.153 perempuan.

Untuk kesekian kalinya, AS memakai hak vetonya dan lagi-lagi menggagalkan resolusi DK PBB berisikan desakan gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza pada Jumat pekan lalu.

Pilihan Redaksi

Sebanyak 13 dari 15 negara anggota DK PBB mendukung resolusi berisikan desakan gencatan senjata segera di Gaza itu. Sementara itu, AS veto dan Inggris abstain.

Draf resolusi DK PBB yang diajukan Uni Emirat Arab itu menyerukan "gencatan senjata kemanusiaan segera", pembebasan semua sandera Hamas tanpa syarat, dan memastikan akses kemanusiaan bagi warga sipil di Gaza.

Pembahasan resolusi ini di DK PBB juga berlangsung setelah dipicu oleh surat Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang menggunakan Pasal 99 Piagam PBB.

Pasal 99 Piagam PBB memberikan kewenangan terhadap Sekjen PBB untuk mengangkat isu dan masalah apa pun yang dianggap penting karena dapat mengancam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

(rds

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek