Longsor Ancam 56 Warga Liwuto Sulteng Kehilangan Rumah - Beritasatu

 

Longsor Ancam 56 Warga Liwuto Sulteng Kehilangan Rumah

Minggu, 24 Desember 2023 | 09:23 WIB
Penulis: Jalita Sri Rahayu | Editor: CAH
Cuaca buruk disertai hujan deras yang terjadi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sulteng), selama sepekan terakhir membuat tanah di sekitar permukiman warga di Kecamatan Kokalukuna, Kelurahan Liwuto, mengalami longsor.
Cuaca buruk disertai hujan deras yang terjadi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sulteng), selama sepekan terakhir membuat tanah di sekitar permukiman warga di Kecamatan Kokalukuna, Kelurahan Liwuto, mengalami longsor. (Beritasatu.com/Jelita Sri Rahayu)

Baubau, Beritasatu.com - Cuaca buruk disertai hujan deras yang terjadi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sulteng), selama sepekan terakhir membuat tanah di sekitar permukiman warga di Kecamatan Kokalukuna, Kelurahan Liwuto, mengalami longsor.

ADVERTISEMENT

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Muslimin Hibali, menyatakan bahwa berdasarkan data dari BPBD Kota Baubau, sebanyak 56 warga terdampak di lokasi longsor.

“Pemicunya diduga tanah tidak mampu menampung banyaknya debit air hujan yang terjadi selama sepekan terakhir. Setiap hari, tanah mengalami longsor yang makin meluas, bahkan lokasi longsor tinggal berjarak dua meter dari rumah salah satu warga,” ujar Muslimin di Baubau, Sabtu (23/12/2023).

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Untuk mencegah korban jiwa, warga yang tinggal di sekitar lokasi longsor diminta untuk mengungsi sementara waktu oleh BPBD.

Selain mengevakuasi warga, BPBD juga akan segera memperkuat talut untuk mencegah longsor menjadi lebih parah dan untuk menyelamatkan rumah warga. 

BACA JUGA

“Kami juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem, terutama yang berada di dekat aliran sungai, karena setiap tahunnya bencana banjir sering terjadi secara tidak terduga,” tambahnya.

Baca Juga

Komentar