Mahfud MD Tak Percaya Ada Surat Suara Sudah Diterima WNI di Taipei - CNN Indonesia

 

Mahfud MD Tak Percaya Ada Surat Suara Sudah Diterima WNI di Taipei

CNN Indonesia
Rabu, 27 Des 2023 17:10 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD tak percaya sudah ada surat suara Pemilu 2024 yang dikirim ke Taipei dan sampai di tangan WNI di sana.
Menko Polhukam Mahfud MD tak percaya sudah ada surat suara Pemilu 2024 yang dikirim ke Taipei dan sampai di tangan WNI di sana (CNN Indonesia/ Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD tidak percaya ada surat suara Pemilu 2024 yang sudah tiba dan dicoblos warga negara Indonesia (WNI) di Taipei, Taiwan.

Mahfud yang juga cawapres nomor urut 3 itu meragukan kebenaran informasi tersebut. Menurutnya, surat suara harus diumumkan terlebih dahulu kepada publik sebelum didistribusikan.

"Saya ndak percaya, karena itu kan harus diumumkan dulu. Surat suara itu seperti apa, surat suara itu kan harus diumumkan dulu, melalui televisi, melalui parpol yang diundang. Saya ragu kalau itu ada," kata Mahfud di Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Nurul Hidayah, Sukabumi, Rabu (27/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mahfud menyinggung pemilu sebelumnya ketika ada kabar bohong mengenai delapan kontainer surat suara dikirim terlebih dahulu ke Cina. Padahal, saat itu surat suara belum dicetak.

"Kalau itu benar berarti KPU melewati suatu proses untuk mengumumkan dulu seperti apa surat suaranya. Kan harus di paraf dulu. Bisa aja mereka belum paraf apa-apa surat suaranya," ucapnya.

"Jangan-jangan sama kaya seperti pemilu dulu katanya ada delapan kontainer surat suara sudah dikirim. Itu jangan hoaks ya karena yang dulu itu yang katanya delapan kontainer mendarat dari Cina, katanya surat suara sudah coblos. Lah waktu itu surat suara belom dicetak kan ndak masuk akal," imbuhnya.

Video WNI di Taipei, Taiwan menerima surat suara Pemilu 2024 beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan seseorang sedang mengeluarkan surat suara Pilpres 2024 dari amplop putih.

Lalu dia membuka surat suara itu. Gambar tiga pasangan calon lengkap dengan nama, nomor urut, dan logo partai pengusung terlihat di kertas itu.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari sudah memberikan penjelasan mengenai hal itu kepada publik. Dia mengatakan surat suara yang sudah didistribusikan dan dicoblos pemilih di Taipei bakal dianggap tidak sah karena dilakukan sebelum waktunya.

Seharusnya distribusi surat suara oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kepada pemilih baru boleh dilakukan pada 2 Januari hingga 11 Januari 2024. Jadwal itu sudah diatur dalam PKPU No. 25 tahun 2023.

Akan tetapi, PPLN Taipei sudah mendistribusikan lebih awal lewat pos kepada WNI di sana.

Tahap pertama sebanyak 929 surat suara Pilpres 2024 dan 929 surat suara Pileg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 pada 18 Desember 2023.

Tahap kedua dikirim pada 25 Desember 2023 oleh PPLN kepada pemilih sebanyak 30.347 amplop lembar surat suara untuk pilpres dan DPR RI.

"Kami nyatakan surat suara tersebut masuk kategori rusak dan tidak diperhitungkan dalam catatan surat suara dalam formulir C hasil LN-pos," terang Hasyim kata dia dalam konferensi pers di kantor KPU, Selasa (26/12).

(lna/bmw)

Baca Juga

Komentar