Pilihan

Mossad Cabut dari Qatar Usai Negosiasi Gencatan Senjata di Gaza Buntu - CNN Indonesia

Mossad Cabut dari Qatar Usai Negosiasi Gencatan Senjata di Gaza Buntu

CNN Indonesia
Minggu, 03 Des 2023 03:21 WIB
Israel menarik Mossad dari proses negosiasi di Qatar yang membahas kelanjutan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.
Israel menarik Mossad dari proses negosiasi di Qatar yang membahas kelanjutan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina. (REUTERS/AL-QASSAM BRIGADES, MILITARY WIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perwakilan badan intelijen Israel, Mossad, ditarik dari proses negosiasi yang membahas kelanjutan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina, karena merasa buntu.

Selain Israel, negosiasi itu juga dihadiri oleh Qatar selaku mediator bersama Mesir dan Amerika Serikat.

"Menyusul kebuntuan negosiasi dan atas arahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Kepala Mossad David Barnea memerintahkan timnya di Doha untuk kembali ke Israel," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan Al Jazeera, Sabtu (2/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fokus mediasi di Doha, Qatar, kali ini membahas potensi membebaskan kategori baru sandera Israel selain perempuan dan anak-anak.

Israel menuduh kelompok Hamas tidak memenuhi kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata di Gaza. Termasuk, membebaskan semua sandera perempuan dan anak-anak yang masuk ke dalam daftar Israel.

Meski demikian, Hamas mengatakan tidak akan ada pertukaran tahanan dengan Israel hingga perang berakhir. Jika Israel ingin sanderanya dibebaskan, kata Hamas, maka tahanan Palestina juga harus dilepaskan.

"Sikap resmi kami adalah tidak akan ada pertukaran tahanan lebih lanjut sampai perang berakhir," kata Wakil Ketua Hamas Saleh Al-Arouri kepada Al Jazeera.

"Tahanan Israel tidak akan dibebaskan sampai tahanan kami dibebaskan dan setelah gencatan senjata diberlakukan," sambungnya.

Pilihan Redaksi

Hamas juga mengklaim sudah membebaskan semua sandera perempuan dan anak-anak saat gencatan senjata yang berlangsung selama seminggu itu.

"Yang tersisa dari tahanan Israel hanyalah tentara dan warga sipil yang bertugas di militer," tegas Saleh Al-Arouri.

Selain itu, Hamas juga mengatakan kelompoknya bersedia untuk mengembalikan jenazah Israel dengan imbalan pengembalian jenazah warga Palestina.

"(Hamas siap menukar) jenazah warga Israel yang meninggal dengan imbalan para martir kami sendiri. Tapi, kami perlu waktu untuk menggali kembali jenazah-jenazah ini," ujar Al-Arouri.

Gencatan senjata di Gaza berakhir pada Jumat (1/12) setelah tidak ada pembaruan kesepakatan antara Israel dan Hamas.

Israel dan kelompok perlawanan Palestina, Hamas, sepakat gencatan senjata pada 24 November dan diperpanjang hingga dua kali.

Setelah gencatan senjata berakhir, sejauh ini dilaporkan lebih dari 180 warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka. Sedangkan, total korban jiwa setelah agresi Israel dimulai pada 7 Oktober lalu mencapai lebih dari 15.000 yang didominasi perempuan dan anak-anak.

(pra)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek