Pilihan

Produsen Drone Turki Baykar Bakal Luncurkan Satelit Perdana ke Luar Angkasa pada 2025- inews

Produsen Drone Turki Baykar Bakal Luncurkan Satelit Perdana ke Luar Angkasa pada 2025 Direktur Teknologi Baykar, Selcuk Bayraktar. (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id – Produsen drone alias kendaraan udara tak berawak (UAV) asal TurkiBaykar, berencana meluncurkan satelit pertamanya ke luar angkasa pada 2025. Perusahaan teknologi pertahanan itu juga tengah mengembangkan kendaraan orbital. 

“Proyek pada prakarsa luar angkasa kami telah berlangsung selama 1,5 tahun. Kami tidak menuju ke arah yang dituju orang lain, (melainkan) kami memperkirakan masa depan dan bersiap untuk berlomba menuju masa depan tersebut hari ini,” ujar Ketua Dewan dan Direktur Teknologi Baykar, Selcuk Bayraktar, Kamis (7/12/2023).

“Pada 2025, kami akan mengirimkan satelit pertama kami ke luar angkasa,” kata Bayraktar lagi, seperti dikutip surat kabar Turki, Aksam.

Bayraktar menuturkan, perusahaannya akan memproduksi satelit yang diharapkan dapat mendukung pengembangan inovasi sistem navigasi global dan aplikasi komunikasi khusus.

“Kami juga sedang mengerjakan kendaraan transportasi orbital di bidang teknologi luar angkasa,” ucap Bayraktar.

Baykar didirikan pada 1984. Kini, perusahaan tersebut menjelma menjadi produsen drone terkemuka di Turki. Penggunaan besar-besaran drone Turki berkontribusi pada keberhasilan serangan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, wilayah yang dikuasai kelompok separatis dan didominasi oleh etnik Armenia pada 2020. 

Selain itu, drone-drone Baykar secara aktif digunakan oleh militer Ukraina. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek