Program Prakerja Dinilai Berhasil, Banyak Negara Ingin Belajar dari Indonesia - IDX Channel

 Program Prakerja Dinilai Berhasil, Banyak Negara Ingin Belajar dari Indonesia


Program Kartu Prakerja diklaim memberi dampak besar bagi para alumninya. Bahkan, program tersebut diakui oleh dunia internasional.
Program Prakerja Dinilai Berhasil, Banyak Negara Ingin Belajar dari Indonesia. (Foto: MNC Media)
Program Prakerja Dinilai Berhasil, Banyak Negara Ingin Belajar dari Indonesia. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Program Kartu Prakerja diklaim memberi dampak besar bagi para alumninya. Bahkan, program tersebut diakui oleh dunia internasional.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Prakerja, Denni Puspa Purbasari. Dia mengatakan banyak negara sahabat yang ingin belajar ke Indonesia perihal program pengembangan kompetensi angkatan kerja tersebut. 

Denni dengan rinci menceritakan pengalamannya selama empat tahun ini berkecimpung di balik Prakerja. Berkeliling hampir seluruh wilayah Indonesia, mantan Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) itu selalu terkesan ketika mendengar kisah dari para lulusan Prakerja yang dia pandang hidupnya kini menjadi lebih baik.

Menurutnya, Prakerja sejalan dengan Visi Indonesia Emas yang bertujuan menjadikan Indonesia negara maju pada 2045. 

Karena itu, seluruh daya dukung yang dimiliki bangsa pun dikerahkan untuk mendorong tercapainya cita-cita tersebut, salah satunya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terlebih dengan bonus demografi, pembangunan akan bergerak lebih cepat.

Kepada wartawan, Denni Puspa Purbasari menceritakan perjalanan program Prakerja selama lebih dari 3 tahun ini. Dia menjelaskan, pada saat program Prakerja diinisiasi, pandemi Covid-19 belum terjadi. Program ini dibentuk karena pemerintah menyadari pentingnya kebutuhan upskilling dan reskilling, terlebih karena adanya digital disruption.

Perpres Nomor 36 Tahun 2020 soal Prakerja sudah dirancang sejak November 2019. Payung hukum ini juga sudah menyebut pelaksanaan pelatihan secara online dan offline. Namun Perpres baru rilis pada Februari 2020 saat pandemi menyerang Tanah Air.

“Kita berupaya meng-upskilling secara massal dengan skala dan diversity yang besar di Indonesia. Karena itu, Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja dirancang,” kata Denni, dikutip Sabtu (16/12/2023). 

“Dalam regulasi tersebut sudah forward looking, menyadari Indonesia kita yang luas dan ribuan pulau. Disebutkan juga bahwa pelatihan tidak hanya akan secara offline melainkan juga online,” lanjutnya. 

Saat itu, bila pemerintah hanya bersandar pada pelatihan offline saja, maka orang-orang kepulauan harus pergi ke kota-kota atau provinsi untuk mendapatkan lembaga kursus yang baik.

Baca Juga

Komentar