Pilihan

Temui Komisioner UNHCR, Menlu Retno Bahas Isu Rohingya Diselundupkan ke RI - detik

Temui Komisioner UNHCR, Menlu Retno Bahas Isu Rohingya Diselundupkan ke RI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 13 Des 2023 11:18 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menemui Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi (Dok Kemenlu)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menemui Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi (Dok Kemenlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menemui Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi. Dalam pertemuan itu, Retno membahas soal dugaan penyelundupan pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia.

Pertemuan itu dilakukan pada Senin (11/12/2023). Retno membahas soal tantangan Indonesia yang kedatangan pengungsi Rohingya secara terus-menerus.

"Kemarin 11 Desember, saya juga melakukan pertemuan dengan Filippo Grandi, Komisioner Tinggi untuk Pengungsi (UNHCR), membahas isu pengungsi Rohingya yang masuk wilayah Indonesia. Kita bahas tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini dengan kedatangan bertubi-tubi pengungsi Rohingya di Indonesia," kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Retno langsung menyampaikan soal dugaan penyelundupan pengungsi Rohingya ke Indonesia. Pembicaraan ini berlangsung secara terbuka. UNHCR pun menjanjikan akan berusaha secara maksimal.

"Dan saya sampaikan, terdapat dugaan kuat masalah penyelundupan dan perdagangan manusia. Di dalam pembicaraan empat mata yang dilakukan dengan sangat terbuka tersebut dengan Komisioner Tinggi UNHCR, beliau sangat memahami tantangan yang dihadapi Indonesia," katanya.

"UNHCR akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk menyelesaikan masalah ini, antara lain dengan memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para pengungsi tersebut," lanjutnya.

Retno juga mendorong agar negara pihak Konvensi Pengungsi mau menerima proses pemindahan penduduk. Hal ini agar bebannya tak bergeser ke negara lain seperti Indonesia.

"Saya juga menyampaikan kepada UNHCR di dalam pertemuan tersebut untuk terus mendesak kepada negara pihak Konvensi Pengungsi untuk segera mulai menerima resettlement sehingga beban tidak bergeser ke negara lain seperti Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya, gelombang pengungsi Rohingya terus-menerus datang ke Indonesia. Sebagian besar mereka tiba di Aceh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat laporan soal ini. Jokowi mengatakan ada dugaan kuat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terkait pengungsi Rohingya ini.

"Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang dalam arus pengungsian ini. Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/12/2023).

Simak Video 'Kala Pengungsi Rohingya di Aceh Ditolak Sana-Sini':




(rdp/dhn)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek