Warga Sekitar Kamp Pramuka Pidie Hadang Truk Bawa Pengungsi Rohingya - detik

Warga Sekitar Kamp Pramuka Pidie Hadang Truk Bawa Pengungsi Rohingya

Agus Setyadi - detikSumut
Senin, 11 Des 2023 11:08 WIB
135 pengungsi rohingya di Kantor Gubernur Aceh Dipindahkan ke Kamp Pramuka di Pidie. (Foto: Agus Setyadi/detikSumut).
Pengugnsi Rohingya diangkut truk (Foto: Agus Setyadi/detikSumut)
Pidie -

135 pengungsi Rohingya sempat dibawa ke lokasi penampungan sementara di di kamp pramuka. Namun warga setempat juga menolak kedatangan mereka sehingga para pengungsi itu dikembalikan ke kantor Gubernur Aceh.

Informasi diperoleh detikSumut, empat truk yang membawa pengungsi Rohingya dihadang warga saat memasuki kamp pramuka di Kabupaten Pidie pada Senin (11/12/2023) dinihari tadi. Warga meminta pengemudi truk untuk putar balik dan segera meninggalkan lokasi tersebut.

Para pengungsi akhirnya tiba kembali di Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh sekitar pukul 02.30 WIB dinihari tadi. Mereka ditempatkan di trotoar di depan kantor gubernur dan dipasangi garis polisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kehadiran mereka menarik perhatian masyarakat. Warga ramai yang singgah untuk melihat keberadaan langsung Rohingya dari jarak dekat.

Setelah semalaman berada di kantor gubernur, Rohingya saat ini dipindahkan ke taman tugu Ratu Safiatuddin yang berjarak sekitar 300 meter dari kantor gubernur. Mereka dibawa dengan berjalan kaki

Di sana, mereka ditempatkan di satu lokasi dan dipasangi garis polisi. Pengungsi ditempatkan di tempat bermain skateboard. Sejumlah relawan dan warga menjaga serta memberikan makanan untuk pengungsi.

Pengungsi Rohingya ditempatkan di lapangan skateboard dekat kantor Gubernur Aceh. (Agus Setyadi/detikSumut)
Pengungsi Rohingya ditempatkan di lapangan skateboard dekat kantor Gubernur Aceh. (Agus Setyadi/detikSumut)

"Mereka ditolak masyarakat di kamp pramuka sehingga dikembalikan lagi ke kantor gubernur. Kita masih standby sampai sekarang karena kita relawan melihat dari sisi kemanusiaan," kata Satgas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Banda Aceh, Fachrul Razi kepada wartawan.

Sebelumnya, Sebanyak 135 pengungsi Rohingya diturunkan warga Aceh Besar, Aceh di Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh. Para pengungsi itu lalu dibawa ke perkemahan Pramuka di Pidie.

Pantauan detikSumut, empat truk yang mengangkut Rohingya meninggalkan kantor gubernur sekitar pukul 22.30 WIB, Minggu (10/12/2023). Petugas memisahkan pengungsi pria dan wanita.

Mereka diangkut menggunakan truk milik Satpol PP Aceh serta kendaraan milik BPBD Aceh Besar. Sejumlah pengungsi Rohingya tampak melambaikan tangan saat meninggalkan kantor gubernur.

Di lokasi tampak Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto serta Satgas Penanganan Rohingya provinsi Aceh. Perjalanan Rohingya dari Banda Aceh ke Bumi Perkemahan Seulawah Scout Camp di Kabupaten Pidie dikawal tim gabungan.

"Mereka akan ditempatkan di kamp pramuka oleh Satgas Provinsi," kata Iswanto kepada wartawan.




Simak Video "Momen 200 Pengungsi Rohingya Datang Lagi ke Aceh"


(agse/nkm

Baca Juga

Komentar