WhatsApp Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan, Ini Kata Yenny Wahid - inews

WhatsApp Butet Kartaredjasa Dilumpuhkan, Ini Kata Yenny Wahid Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid (Foto: iNews/Muhammad Refi Sandi)

SLEMAN, iNews.id - Nomor WhatsApp milik seniman kondang Butet Kartaredjasa diduga dilumpuhkan usai mengaku diintimidasi dalam pementasan di Jakarta. Putri Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zanubba Arrifah Cafsoh atau yang sering dipanggil Ning Yenny Wahid memberikan komentar.
 
Yenny yang hadir dalam kegiatan di Sleman pun mengatakan, peristiwa yang menimpa Butet itu cara lama merusak iklim demokrasi yang sudah terbangun dengan baik selama ini. Padahal dia merasa cara-cara lama sudah tidak bisa dipraktikkan di zaman sekarang. 

Dia menuturkan saat ini sudah memasuki era demokrasi di mana masyarakar memiliki ruang ekspresi masyarakat. Sehingga tidak perlu cara-cara yang keluar dari rel demokrasi. 

"Karena zamannya sudah berbeda maka dia meminta agar semua pihak bergerak pada jalur demokrasi. marilah kita bergerak jangan keluar dari ruang-ruang demokrasi," ucapnya saat berkunjung di Pondok Pesantren Qasrul Arifin Ploso Kuning Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Sabtu (9/12/2023) malam

Menurut Yenny, demokrasi ini dicapai dengan sangat mahal yaitu dengan mengorbankan jiwa, air mata, keringat masyarakat maupun mahasiswa. Sehingga demokrasi ini harus dijaga agar bangsa ini semakin kuat. 

Yenny berpendapat ketika ada yang bermain dengan gaya-gaya Orde Baru maka bakal menimbulkan ketidakpuasan di tengah masyarakat. Pada akhirnya nanti dapat menimbulkan keresahan-keresahan di tengah masyarakat hingga akhirnya justru terjadi perpecahan. 

"(Tentu) kita semua ingin Indonesia itu tercipta (iklim) kondusif sebelum pilpres dan sesudah pilpres," katanya.

Oleh karena itu, Yenny Wahid meminta semua pihak yang berkontestasi kali ini harus bermain cantik sehingga permainannya  bisa terjaga. Tidak perlu menggunakan cara-cara yang merusak demokrasi. 

"Jangan sampai ada yang main-main dengan tidak baik sehingga menumbuhkan suasana tidak puas dan justru berubah menjadi kerusuhan dan sebagainya," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnnya, Seniman Butet Kartaredjasa menginformasikan bahwa nomor pribadinya tiba tiba tak bisa digunakan. Informasi ini disampaikan Butet lewat akun instagram pribadinya @masbutet pada hari ini, Sabtu (9/12/2023) pagi.

Diketahui jika hingga Sabtu (9/12/2023), nomor milik Butet belum bisa digunakan kembali. 

"HP/WA DILUMPUHKAN. Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sedang dilumpuhkan. Silakan yang mau kontak ke nomer rumah atau nomer bojo/istri," tulis Butet dalam unggahan tersebut seperti dikutip, Sabtu (9/12/2023). 

Saat dikonfirmasi, Butet membenarkan hal tersebut. Dia mengaku tidak mengetahui penyebab nomornya tak bisa digunakan. Namun nomor pribadinya itu tidak bisa diakses sejak dini hari. 

"Iya dari jam 3 dini hari tadi, saya tidak bisa mengakses," ujarnya.

Butet mengaku heran karena HP-nya ada pembaruan IOS. Setelah itu dirinya diminta mengisi OTP. Dia bahkan sampai mengisi OTP tersebut sampai 3 kali dan memastikan yang diisikan benar, namun tetap saja tidak bisa digunakan. 


Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel:


KOMENTAR

Baca Juga

Komentar